Jokowi Akan Bahas Isu Rohingya di KTT ASEAN-Jepang

Jakarta, MINA  – Presiden RI Joko Widodo menyatakan, masalah akan dibahas pada Konferensi Tingkat Tinggi KTT ASEAN-Jepang di Tokyo mendatang.

menyatakan, isu Rohingya saat ini bukan hanya menjadi masalah bagi negara-negara di Asia Tenggara saja, tetapi juga menjadi masalah negara-negara lain yang didatangi pengungsi asal Myanmar itu.

Jokowi bertolak ke Tokyo pada Sabtu (16/12) pagi dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Ia akan berada di Negeri Sakura beberapa hari mendatang untuk menghadiri KTT ASEAN-Jepang dan KTT AZEC.

“Hari ini saya bersama-sama dengan rombongan terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Jepang. Tiga acara utama di Tokyo yaitu melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Kishida,” ujar Jokowi dalam konferensi pers daring sebelum keberangkatan.

Berdasarkan data Komisioner Tingggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR), 50 etnis Rohingya tiba di Desa Seuneubok Baro, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh pada Kamis (14/12).

Dengan kedatangan 50 pengungsi Rohingya hari ini, total etnis Rohingya yang ada di Aceh bertambah mencapai 1.733 orang. Saat ini mereka tersebar di Pidie, Sabang, Lhokseumawe, Banda Aceh dan terakhir di Aceh Timur. (R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (mina)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.