Jokowi Angkat Syafiq A. Mughni Gantikan Din Syamsuddin

Jakarta, MINA – Presiden RI Joko Widodo mengangkat menjadi Ketua Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama dan Peradaban (). 

Pengangkatan itu didasarkan pada surat Keputusan Presiden Nomor 52/M Tahun 2018. Demikian keterangan tertulis yang diterima MINA, Jumat (26/10). 

Pengangkatan Syafiq tersebut untuk menggantikan Din Syamsuddin yang mengundurkan diri dari jabatan UKP-DKAAP pada 21 September lalu. Setelah menerima penunjukan dirinya sebagai UKP-DKAAP, Syafiq pun non-aktif dari posisinya sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah bidang Hubungan Antar Agama dan Peradaban.

Presiden menugaskan Syafiq untuk mengembangkan dialog sekaligus kerja sama antaragama, baik di dalam maupun luar negeri. 

Selain itu, di dalam Keputusan Presiden tersebut dijelaskan bahwa sebagai UKP-DKAAP, Syafiq mengemban mandat untuk mempromosikan kehidupan umat Islam Indonesia berdasarkan prinsip Wasathiyah.

Syafiq merupakan Guru Besar Peradaban Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya. Ia juga pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 

Syafiq  juga pernah menjadi Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur.(L/R04/P1)’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.