Jokowi Buka Raker Kepala Perwakilan RI di Seluruh Dunia

Foto: Nidiya/MINA

Jakarta, MINA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Rapat Kerja (Raker) Kementerian Luar Negeri RI dengan Kepala Perwakilan RI (Keppri) 2018 di Jakarta, yang berlangsung pada 12-15 Feberuari.

“Alhamdulillah, saya dapat bertatap muka kembali dengan Keppri setelah sebelumnya kita bertemu pada 2015 lalu. Tahun ini tentu lebih banyaktantangan yang harus dihadapi para diplomat,” ujar Jokowi pada pembukaan Raker dengan Keppri di Gedung Pancasila, Senin (12/2).

Ia mengatakan menjadi diplomat di jaman sekarang tidak mudah karena banyaknya ketidakpastian di seluruh dunia. Dimulai dari konflik perang, krisis kemanusiaan, kejahatan batas lintas, dan semua itu mengancam seluruh negara dunia bukan hanya Indonesia.

“Diplomasi yang dibutuhkan saat ini adalah diplomasi yang cepat, informatif, diplomasi yang berpihak pada perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri dan terutama diplomasi yang dapat berkontribusi bagi perdamaian dan kesejahteraan Indonesia dan dunia,” tegasnya.

Jokowi berharap agar para diplomat Indonesia bekerja dengan baik untuk rakyat dan negara, juga menjadikan Indonesia sebagai negara yang mampu menjadi solusi dari berbagai masalah global.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi, Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M Fachir, Menteri Bidang Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, dan para Menteri Kabinet Kerja RI.

Adapun 134 Kepala Perwakilan RI dari seluruh dunia hadir dalam acara tersebut. Terdiri atas para Duta Besar, Konsulat Jenderal, serta Konsulat Eselon I dan II.(L/R04/RE-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.