Jokowi dan Joe Biden Lakukan Pertemuan Bilateral di Bali

Presiden Jokowi bersama Presiden AS Joe Biden, di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022). (Foto: BPMI Sepres/Laily Rachev)

Bali, MINA – Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan terima kasih atas kehadiran Biden pada KTT G20 di Indonesia.

“Presiden Biden, selamat datang di Bali. Saya mengapresiasi kehadiran Presiden Biden pada KTT G20 ini,” ucap Presiden Jokowi seperti dikutip Setkab.go.id.

Presiden Jokowi mengatakan harapannya agar KTT G20 ini dapat menghasilkan kerja sama yang konkret.

“Saya berharap KTT G20 ini akan dapat menghasilkan kerja sama konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global,” ucap Jokowi.

Indonesia berharap, semua negara G20 dapat memberikan fleksibilitas agar komitmen konkret hasil KTT dapat tercapai.

Baca Juga:  Haedar Nashir: Gerakkan Kebangkitan Nasional Bangun Kesadaran Berbangsa

Sementara Gedung Putih dalam keterangan pers menyebut, Presiden Biden menggarisbawahi pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia. Jokowi dan Biden membahas cara untuk memperkuatnya.

Presiden Biden mengucapkan selamat kepada Indonesia atas keberhasilan Kepresidenan G20.

Pemimpin AS itu menyatakan dukungan untuk kepemimpinan Indonesia di Indo-Pasifik sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan pendukung kuat tatanan berbasis aturan internasional.

Kedua pemimpin juga membahas kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada 2023 mendatang.

Presiden Biden menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat terhadap sentralitas ASEAN dan dukungan terhadap Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik.

Ini adalah kunjungan perdana Biden ke Indonesia sekaligus lawatan Presiden AS ke Tanah Air setelah Barack Obama. (R/RE1/RS2)

Baca Juga:  UAR Sisir Sungai Selo Cari 11 Korban Banjir Bandang Sumbar

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ali Farkhan Tsani