Jokowi: Indonesia Siap Laksanakan Konferensi KTT ke-43 ASEAN di Jakarta

Presiden RI Joko Widodo melalui siaran pers BPMI Setpres saat menghadiri Peringatan HUT ke-56 ASEAN, Jakarta. (Dok. Istimewa)

Jakarta, MINA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia siap untuk melaksanakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5-7 September 2023 mendatang.

“Semuanya sudah direncanakan, semuanya sudah disiapkan, dan kita harapkan nanti pada saat semuanya sudah seratus persen siap di bulan September,” ujar Presiden melalui siaran pers BPMI Setpres saat menghadiri Peringatan HUT ke-56 ASEAN, Jakarta Selasa (8/8), demikian keterangan yang diterima MINA.

Terkait konfirmasi kehadiran para pemimpin negara non-ASEAN termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden menyampaikan bahwa semuanya masih dalam proses.

“Semuanya masih proses, konfirmasinya masih proses,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Ia mengatakan, keketuaan Indonesia di ASEAN akan meletakkan fondasi kuat bagi Asia Tenggara. Untuk, membuat Asia Tenggara menjadi lebih kuat dalam menghadapi berbagai tantangan yang melanda kawasan di masa depan.

“ASEAN mampu menghadapi tantangan dan tanggap terhadap dinamika,” jelsas Jokowi.

Menurutnya, kawasan ASEAN harus berkembang dalam berbagai bidang. Sebab, Asia Tenggara memiliki tanggung jawab yang besar dalam mensejahterakan ratusan juta jiwa penduduk dari masing-masing negara di sana.

“ASEAN sebagai kapal besar harus terus bergerak maju, kapal besar ini harus terus berlayar, kapal besar ini tidak boleh karam, karena ini adalah tanggung jawab kita terhadap ratusan jiwa rakyat yang berada di dalamnya,” kata Jokowi.

ASEAN memiliki aset kuat diantaranya pertumbuhan ekonomi, bonus demografi, dan kepercayaan dunia bahwa ASEAN kawasan dengan kesempatan ekonomi terbaik. Keunggulan itu harus dimanfaatkan secara optimal dalam rangka menjadikan ASEAN sebagai masa depan kawasan dan dunia.

Kemudian, ASEAN adalah contoh keberagaman yang harmoni, saling melengkapi, dan menguatkan. Perbedaan antarnegara tidak menjadi halangan mewujudkan tekad dan cita-cita ASEAN. (R/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.