Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Pengungsi Rohingya

Presiden dan Wapres JK meninjau pengiriman untuk di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta (Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Rohingya di , Bangladesh, di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, pada hari Rabu (24/1). Pelepasan dilakukan beberapa saat menjelang keberangkatannya melakukan lawatan ke lima negara.

Presiden yang didampingi Wapres M Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah sudah beberapa kali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh. Bantuan ini pun nantinya akan turun di Chitagong dan selanjutnya dengan perjalanan darat dibawa ke penampungan pengungsi Rohingya di Bangladesh, tepatnya di Cox Bazaar.

“Pengungsi Rohingya di Bangladesh masih membutuhkan bantuan antara lain berupa obat-obatan,” kata Jokowi seperti dikutip dari laman Setkab.

Kata dia, dari laporan yang diterimanya, yang memerlukan bantuan tidak hanya ribuan tapi ratusan ribu pengungsi. Mereka memerlukan uluran tangan dari negara-negara lain.

“Saya berharap konsistensi kita dalam memberi bantuan kepada pengungsi Rohingya,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengungkapkan, jika memungkinkan saat lawatannya ke Bangladesh akan mengunjungi RS Lapangan yang dibangun dengan dana bantuan Indonesia.

“Kalau memungkinkan waktunya, karena dari Dhakka ke sana butuh waktu,” ucapnya.

Perlu diketahui, Jokowi akan melakukan kunjungan ke sejumlah negara di Asia Selatan yaitu Sri Lanka, India, Bangladesh, Pakistan dan Afghanistan. Kunjungan akan diawali dari Sri Lanka pada Rabu ini. (R/B05/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.