Jokowi Optimis Pencak Silat Sumbang Medali Emas di Asian Games

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis cabang olahraga Pencak Silat akan menyumbang lebih dari 2 (dua) medali emas pada Asian Games XVIII yang pelaksanaannya tinggal beberapa hari mendatang.

Optimisme Presiden Jokowi itu disampaikan usai meninjau venue cabang olahraga Pencak Silat untuk Asian Games XVIII di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Senin (6/8) pagi.

“Memang di dalam target yang disampaikan Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) kepada saya, minimal dua emas. Tetapi saya menyakini dengan tadi yang sudah diperlihatkan kepada kita semuanya, saya yakin bahwa akan lebih dari dua emas,” kata Presiden Jokowi.

Presiden yang melihat langsung pusat pelatihan Pencak Silat di TMII bahkan berharap dari cabang olahraga pencak silat akan mendapatkan emas yang sebanyak-banyaknya.

“Saya meyakini itu, In shaa Allah, karena latihan jangka panjang selama tiga tahun itu pasti akan menghasilkan sebuah hasil di Asian Games 2018 ini,” ujar Presiden Jokowi.

Sebagaimana diketahui, Pencak Silat termasuk salah satu cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018.

Pada cabang olahraga Pencak Silat itu, kontingen Indonesia akan turun di 16 nomor dengan rincian 10 nomor tanding (tujuh putra dan tiga putri) dan enam nomor seni (tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta regu putra dan putri).

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Padepokan Pencak Silat antara lain Menpora Imam Nahrawi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)