Jokowi Pimpin Upacara HUT TNI ke-72

(Arsip)

, MINA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke-72 yang dihelat di Lapangan di Cilegon, Banten, Kamis (5/10).

Peringatan yang diikuti oleh 5.932 orang itu mengusung tema “Bersama Rakyat TNI Kuat”. Tema itu memiliki makna kesadaran TNI yang bersumber dari rakyat, berbuat dan bertindak bersama rakyat menjadi modal utana TNI di dalam mengawal dan mengamankan kepentingan nasional menuju cita-cita bangsa.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, tema ini diambil sebagai bagian dari upaya mengingat sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang dilakukan oleh rakyat sebelum lahirnya TNI.

“Sejarah membuktikan bahwa yang merebut kemerdekaan adalah rakyat bukan TNI. Setelah merdeka, pejuang-pejuang itu ada yang kembali ke tanah kelahirannya ada yang tetap di tempat untuk menjaga kemerdekaan itu,” ujar Gatot.

Upacara diawali dengan parade pasukan dan defile berjumlah 5.932 orang yang terdiri dari Batalyon Upacara 1 Perwira Gabungan, Brigade Upacara II Akademi TNI, Brigade Upacara TNI AD, Brigade Upacara TNI AL, Brigade Upacara TNI AU, Batalyon Upacara PNS, Batalyon Komponen Cadangan dan Batalyon Pasukan Lintas Sejarah TNT.

Sejumlah alutsista milik TNI AD, AU, dan AL seperti tank, panser, truk, kendaraan tempur khusus dan KRI disiagakan di sekitar area upacara. (L/R06/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.