Jokowi Resmikan Papua Football Academy

Jayapura, MINA – Presiden Joko Widodo () secara resmi meluncurkan Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (31/8).

Jokowi menyampaikan, Tanah Papua telah melahirkan sejumlah talenta berbakat di bidang olahraga sepak bola, mulai dari Rully Nere, Yohanes Auri, Aples Tecuari, Alexander Pulalo, Boaz Solossa, Elie Aiboy, Ramai Rumakiek, hingga Ricky Kambuaya.

“Ingin seperti mereka, legenda-legenda ini? Jalannya sudah ada, di depan anak-anakku semuanya, yaitu Papua Football Academy,” ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari laman resmi Sekretaris Kabinet.

Jokowi mengatakan, saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021, ia telah meminta komitmen PT. Freeport Indonesia untuk membangun sumber daya manusia (SDM) Papua termasuk di bidang olahraga.

“Saya minta komitmen PT Freeport untuk pembangunan SDM di Tanah Papua, dan saya minta agar fasilitas-fasilitas yang dipakai untuk PON ini bisa terawat dengan baik, dan saya minta dibangun di Papua akademi sepak bola, dan hari ini sudah terwujud yang namanya Papua Football Academy,” ujarnya.

Ia menambahkan, di PFA untuk meraih prestasi anak-anak akan digembleng kedisiplinan serta latihan rutin, dan terus didampingi oleh pelatih yang memiliki reputasi yang baik.

“Oleh sebab itu, saya harap anak-anak di Papua Football Academy memanfaatkan dengan baik kesempatan yang telah diberikan untuk menimba ilmu di bidang sepak bola ini,” katanya.

Berdasarkan laporan dari Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas, 30 peserta PFA adalah hasil seleksi dari 477 anak Papua.

“Tidak hanya sepak bola, disiapkan juga pendidikan formalnya, sehingga tetap sekolah yang kita harapkan nanti ini akan menjadi pemain-pemain bola yang memiliki jiwa percaya diri yang kuat, karakter yang kuat, yang kompetitif, yang sportif tapi juga pandai dan pintar,” pungkas Presiden.

Jokowi juga terlihat mencoba lapangan dan bermain sepak bola bersama anak-anak Papua Football Academy.

Hadir dalam peresmian tersebut, Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (R/R6/P1

Mi’raj News Agency (MINA)