Jokowi Sampaikan Pidato Kemenangan

Jakarta, MINA – Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo  – Ma’ruf Amin telah ditetapkan sebagai pemenang dalam Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) tahun 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing untuk menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Penetapan tersebut dibacakan Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik dalam rapat pleno KPU di Gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) dini hari pukul 01.46 WIB yang mengatakan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin 85.607.362 suara, sedangkan pasangan  Prabowo – Sandy hanya mendapat 68.650.239 suara.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU itu, pasangan Jokowi-Ma’ruf menyampaikan   di Kampung Deret, kawasan Senen, Jakarta Pusat, Selasa siang (21/5).

Sebagaimana dikutip dari Tv Nasional yang berdurasi 4:23 detik Presiden Jokowi menyampaikan pidato kemenangan sebagai berikut :

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat siang.

Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Shalom om swastiast,u, namo buddhaya salam kebajikan.

Seluruh rakyat yang saya cintai, yang saya banggakan, kita bangsa Indonesia patut berbangga, patut berbahagia dan patut bersyukur bahwa kita telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa. Dewasa berdemokrasi, dewasa dalam melaksanakan Pemilu, dewasa dalam berbangsa dan bernegara.

Kita bersyukur, telah dewasa dalam menjaga perdamaian, dewasa dalam mengelola perbedaan-perbedaan dan dewasa dalam menjaga dan memperkokoh persatuan. Bukti nyatanya adalah saat kita berdemokrasi kemampuan kita untuk menenyelesaikan Pemilu yang jujur dan adil, serta pemilu yang penuh dengan perdamaian dan kegembiraan.

Pemilu demi Pemilu telah kita lalui dengan penuh kedewasaan. Pemilu yang sekarang ini, saya yakini Insya Allah bisa kita lalui dengan damai sesuai dengan amanat konstitusi yang kita miliki.

Alhamdulillah puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanallahu Wa Ta’ala, rekapitulasi nasional Pemilu serentak 2019 pada dini hari tadi, rakyat Indonesia telah menentukan pilihananya baik dalam Pileg maupun Pilpres, inilah makna dari hakekat rakyat yang berdaulat.

Saya dan pak Kyai KH Ma’ruf Amin mengucapkan terimakasih kepada seluruh rakyat Indonesia di mana pun berada atas kepercayaan yang diberikan kepada kami berdua. Kepercayaan dan amanah rakyat kepada kami tersebut akan kami wujudkan dalam program-program pembangunan yang adil dan merata untuk seluruh golongan dan seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok tanah air Indonesia,

Setelah dilantik pada Oktober nanti, kami adalah Presiden dan Wakil Presiden seluruh rakyat Indonesia. kami adalah pemimpin dan pengayom dari 100 persen rakyat Indonesia, kami akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bagi 100 persen rakyat Indonesia.

Marilah kita bersatu padu membangun bangsa tanah air tercinta demi kedamaian, demi kesejahteraan generasi kita mendatang, serta generasi anak cucu kita di masa depan.

Terakhir, saya mengapresiasi setinggi-tingginya atas kinerja penyelenggara dan pengawas Pemilu, KPU dan Bawaslu, pada tokoh masyarakat dan juga para peserta Pemilu. Kepada aparat keamanan TNI dan Polri serta semua pihak, termasuk para saksi yang telah bekerja siang dan malam dengan tulus demi pemilu yang adil dan jujur. Demikian yang bisa saya sampaikan, terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,,,

(L/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)