SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi Serukan Kemerdekaan Palestina pada Harlah Pancasila

Arina Islami - Sabtu, 1 Juni 2024 - 10:41 WIB

Sabtu, 1 Juni 2024 - 10:41 WIB

3 Views

Pekanbaru, MINA – Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir (Harlah) Pancasila. Saat memimpin upacara peringatan tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerukan kemerdekaan Palestina.

Peringatan Harlah Pancasila itu dilaksanakan di Kompleks Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6).

“Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif, memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk kemerdekaan bangsa Palestina dan memperjuangkan perdamaian dunia,” kata Jokowi.

Ia juga menyebut, bahwa Indonesia selama ini sudah terbukti aktif dalam berbagai forum dan kegiatan internasional, mulai dari menjadi pemimpin Presidensi G20 2022, menjadi Ketua ASEAN 2023, dan aktif di berbagai perhelatan.

Baca Juga: ‘Unlimited Qur’an Miracles’ Tema Kunci 1 Muharam di JCC Senayan

“Termasuk melalui World Water Forum yang baru saja diselenggarakan,” kata Jokowi.

Agresi Zionis Israel yang berlangsung di Gaza sejak 7 Oktober 2023, masih terus terjadi hingga kini. Data terbaru dari Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza menunjukkan, sudah lebih dari 36.000 orang syahid dan 81.000 lainnya terluka.

Demonstrasi dan dukungan terhadap Palestina mulai meluas hampir ke seluruh negara, terutama dari gerakan warga sipil. Di negara-negara barat bahkan para mahasiswa kian masif melakukan unjuk rasa mengecam Zionis Israel.

Sementara di Indonesia, berbagai aksi massa pun banyak dilakukan, salah satunya dari organisasi kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG) yang kembali melakukan demonstrasi di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta pada Jumat (31/5). Aksi tersebut merupakan aksi kesekian yang dilakukan oleh AWG.[]

Baca Juga: Ratusan Massa AWG Kaltim Kibarkan Bendera Palestina dan Indonesia di Pantai Pamedas

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Kolom
Khutbah Jumat
Palestina
Dunia Islam
Khutbah Jumat
Indonesia
Palestina
Internasional