Jokowi Terima Kunjungan Menlu AS dan Pejabat Tinggi Keamanan Rusia

Foto,: Tangkap Layar

Jakarta, MINA – Presiden RI Joko Widodo secara terpisah menerima kunjungan kehormatan Menlu Amerika Serikat, Anthony J. Blinken dan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, Nikolay P. Patrushev, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/12).

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangannya di Kantor Presiden mengatakan, dalam pertemuan dengan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, Presiden Jokowi menyampaikan antara lain, soal prioritas Indonesia dalam Presidensi G20 dan di tahun 2023 Indonesia akan memegang keketuaan ASEAN.

“Presiden Jokowi mengharapkan kerja sama dengan Rusia selama keketuaan Indonesia di ASEAN,” ujar Menlu RI dalam keterangan persnya tersebut.

Presiden Jokowi juga menyambut baik penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU kerja sama bidang keamanan informasi internasional antara Indonesia dan Rusia yang akan dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD, dan Sekretaris Patrushev pada Selasa (14/12).

“Sekretaris Patrushev akan melakukan konsultasi bilateral bidang keamanan dengan Menkopolhukam dan ini merupakan konsultasi yang keenam kalinya,” tambah Menlu.

Sementara pertemuan Presiden Jokowi dengan Menlu AS Anthony Blinken membahas beberapa masalah di bidang kesehatan dan ekonomi.

“Indonesia juga mengharapkan dapat menjadi bagian dari rantai pasok global untuk bidang kesehatan,” kata Retno saat menyampaikan keterangan resminya melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam pertemuan, Blinken juga menyambut baik keinginan Indonesia untuk berpartisipasi dalam supply chain bidang kesehatan. Di samping itu, Retno menyebut, Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan vaksin AS selama ini.

“Dan dukungan-dukungan lain yang diberikan kepada Indonesia selama pandemi ini,” ujarnya. (L/RE1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.