Jokowi Tinjau Sterilisasi Bandara Soekarno-Hatta

Tangerang, MINA – RI Joko Widodo bersama sejumlah pejabat terkait  meninjau langsung pembersihan atau sterilisasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, pada Jumat (13/3).

Hal itu sehubungan dengan langkah pemerintah untuk melihat kesiapan fasilitas umum dalam mengantisipasi virus atau Covid-19.

Presiden didampingi  Menko Maritim Luhut Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnaviawan, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala BNPB Doni Monardo. Kepala BIN Budi Gunawan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis,

“Baru saja tadi saya mengecek, mengontrol hal-hal apa saja yang telah dilakukan baik di tempat-tempat publik seperti airport. Tadi pagi kita menyisir Istiqlal dan sudah kita mulai dengan disinfektan. Kalau airport, pelabuhan, dan stasiun saya kira Pemerintah sebetulnya sudah melakukannya dari seminggu yang lalu, tapi saya ingin memastikan bahwa ini dilakukan setiap hari,” kata Jokowi.

Ia juga meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah terus berupaya untuk melakukan penanganan secara serius terhadap virus yang kini telah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO itu.

“Saya sampaikan bahwa penanganan Covid-19 terus menjadi perhatian kita. Memang ada yang saya sampaikan dan ada yang tidak, karena kita tidak ingin menimbulkan keresahan dan kepanikan di tengah masyarakat. Kita semuanya berusaha keras menangani dan mengatasinya,” ujarnya.

Untuk itu, ia meminta masyarakat tidak panik, tetap tenang, di samping melakukan pola hidup sehat dan menjaga imunitas.

“Di saat yang bersamaan kita tidak ingin menciptakan rasa panik, tidak ingin menciptakan keresahan di tengah masyarakat. Oleh sebab itu, kita tetap harus tenang dan berupaya keras menghadapi tantangan ini,” pungkasnya.

Dalam kegiatannya tersebut Jokowi meninjau sejumlah alat dan tempat sterilisasi. Mulai dari alat pemindai suhu tubuh (Thermal Scan) yang dipasang di sepanjang koridor bandara, maupun thermal gun yang dibawa oleh sejumlah petugas Bandara.

Sebelumnya, Jokowi juga meninjau sterilisasi Masjid Istiqlal. Ia menyaksikan penggulungan semua karpet yang ada di Masjid Istiqlal dan penyemprotan antiseptik yang dilakukan oleh personel Palang Merah Indonesia (PMI) dibantu jajaran prajurit TNI Angkatan Darat yang mengenakan pakaian hazmat. (R/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.