Juara Pertama Kompetisi Sepak Bola GSI 2019 Diraih Jateng

Jakarta, MINA – Provinsi Jawa Tengah () berhasil meraih pertama pada kompetisi sepak bola jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional tahun 2019.

Pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB) Kuningan, Jakarta, tim Provinsi Jateng berhasil mengalahkan tim Provinsi Bali dengan skor 1-0. Sementara juara tiga diraih oleh Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai juara empat.

“Kepada para pemenang saya ucapkan selamat, khususnya kepada tim Provinsi Jawa Tengah. Juga saya ucapkan selamat kepada tim Provinsi Bali, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Barat yang berhasil masuk semifinal dan final. Terima kasih kepada para pelatih, pembimbing, dan para sponsor kegiatan ,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, dalam siaran tertulis yang diterima MINA, Senin (21/10).

Muhadjir menambahkan, pergelaran kompetisi GSI akan terus berlanjut dan akan terus mengalami peningkatan.

“Dari sini akan lahir kelak pemain-pemain yang hebat yang akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Saya berharap dari peserta GSI ini akan bisa dilacak, dideteksi talenta-talenta unggul di dunia persepakbolaan Indonesia. Dengan begitu kita harap dari 286 juta penduduk Indonesia, akan ada paling tidak 11 pemain Indonesia yang bisa berbicara di ajang persepakbolaan dunia” harapnya.

Ia juga mengapresiasi kepada tim peserta kompetisi GSI yang dianggapnya jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Kompetisi tahun ini, menurut Mendikbud, digarap secara lebih serius, baik dari kesiapan panitia, pelatih, maupun peserta.

Sebagai juara pertama kompetisi GSI tahun ini mendapatkan hadiah uang pembinaan dari Kemendikbud sebesar Rp150 juta. Sementara juara dua mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp100 juta. Selanjutnya juara tiga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp50 juta, dan juara empat mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp25 juta.

Selain tim terbaik, kompetisi GSI juga memberikan penghargaan berupa beberapa kategori terbaik hasil pilihan tim pemandu bakat, di antaranya:
1.Top Scorer, diraih Satria Febrian Putra Priatna dari Provinsi Jawa Barat;
2. Penyerang Terbaik diraih Komang Nathan S.P dari Provinsi Bali;
3. Gelandang Terbaik diraih M. Maulidi Bukhori dari Provinsi Nusa Tenggara Barat;
4. Pemain Belakang Terbaik diraih Lutfi Wahyu Saputra dari Provinsi Jawa Tengah;
5. Penjaga Gawang Terbaik diraih Ferdinand Putra G dari Provinsi Jawa Tengah, dan;
6. Pelatih Terbaik diraih Widhoro Heriyanto dari Provinsi Jawa Tengah.

Peraih kategori terbaik masing-masing mendapatkan uang pembinaan dari Kemendikbud sebesar Rp5 juta. Selain itu, bagi para pemain terbaik akan dikirimkan ke Jepang untuk menjalani pelatihan pada tahun 2020. (R/R10/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.