Jurnalis Rusia Lelang Medali Nobel untuk Bantu Anak-anak Ukraina

Sumber Foto: Al Jazeera

New York, MINA -Dmitry Muratov, pemimpin redaksi surat kabar independen Rusia, Novaya Gazeta melelang medali Hadiah Nobel Perdamaiannya dengan harga $103,5 juta untuk membantu anak-anak Ukraina yang terlantar akibat perang.

Medali emas itu dijual kepada penawar yang belum teridentifikasi pada pelelangan di New York, Amerika Serikat yang diselenggarakan oleh Heritage Auctions, Al Jazeera melaporkan Selasa (21/6).

Para peserta lelang sangat bersemangat, dengan banyak tepuk tangan dan saling mendorong untuk meningkatkan harga. Muratov terlihat merekam video dari layar penawaran serta yang ada di dalam ruangan.

Ketika tawaran terakhir masuk, puluhan juta dolar lebih banyak dari tawaran sebelumnya, banyak orang di ruangan itu terkejut, termasuk Muratov sendiri.

“Saya sama seperti Anda dalam hal itu,” katanya kepada kantor berita Agence France Press, berbicara melalui penerjemah setelah penjualan. Harga tertinggi sebelumnya untuk pelelangan medali Nobel hanya di bawah $5 juta, menurut media di Amerika Serikat.

Muratov, seorang kritikus sengit terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemerintahannya adalah pemenang penghargaan tersebut bersama Maria Ressa dari Filipina tahun lalu.

Semua hasil dari lelang akan disumbangkan untuk bantuan kemanusiaan melalui UNICEF bagi anak-anak pengungsi Ukraina.

Media Rusia yang lebih liberal berada di bawah tekanan terus-menerus sejak Putin pertama kali menjadi pemimpin pada 1999, tetapi situasinya meningkat sejak Moskow menginvansi Ukraina 24 Februari 2022. (T/RE1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.