SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jusuf Kalla Apresiasi Program Bantuan MER-C di Afghanistan

kurnia Editor : Rendi Setiawan - Selasa, 2 Juli 2024 - 10:43 WIB

Selasa, 2 Juli 2024 - 10:43 WIB

14 Views ㅤ

Ketua Presidium MER-C, dr. Sarbini Abdul Murad (kiri) bertemu M. Jusuf Kalla di Jakarta, Senin 1 Juli 2024. (Foto: MER-C)

Jakarta, MINA – Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, M. Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi dan mendukung program bantuan yang disalurkan Medical Emergency Rescue – Committee (MER-C) di Afghanistan.

Hal ini disampaikan JK saat menerima kunjungan Ketua Presidium MER-C, dr. Sarbini Abdul Murad, Ketua Tim MER-C untuk Afghanistan, dr. T. Meaty Fransisca, dan Manager Operasional, Rima Manzanaris di kediamannya di Jakarta, pada Senin (1/7).

“Jadi kalau MER-C ingin mengadakan upaya sosial di sana tentu sangat dihargai, membantu masyarakat dengan operasi kesehatan, sanitasi atau pendidikan, sangat dihargai sama dengan di Gaza,” ujar Jusuf Kalla.

“Kita tahu semua bahwa sekarang ini Afghanistan setelah Amerika mundur, di bawah pemerintahan yang dipimpin oleh Taliban keadaanya lebih damai karena tidak ada lagi konflik yang besar tetapi kondisi masyarakat tetap tentu membutuhkan bantuan karena soal kemiskinan di sana, kekurangan sarana setelah 20 tahun perang,” katanya.

Baca Juga: Imaam Yakhsyallah: Tetap Bekerja Keras dan Ikhlas, Meski Fasilitas Terbatas

Ia juga mengatakan, bantuan yang diberikan MER-C ini mewakili wajah Indonesia untuk membantu orang yang sedang dalam keadaan susah. Bantuan dalam keadaan sulit tentu berbeda dan mereka sangat hargai itu karena mereka membutuhkan.

“Itulah hal-hal yang dilakukan MER-C selama ini dan sekarang kita hargai,” tuturnya.

Jusuf Kalla berharap, masyarakat dapat membantu warga Afganistan yang saat ini dalam keadaan susah setelah perang.

“Tentu membantu mereka itu merupakan amal ibadah yang baik dan dibutuhkan partisipasi masyarakat secara keseluruhan. Mereka 20 tahun dalam perang, otomatis mereka kekurangan ekonomi dan fasilitas sosial yang sulit,” ungkapnya.

Baca Juga: Kualitas Udara Jakarta Buruk pada Kamis Pagi

Sebelumnya, MER-C mengirimkan Tim Medis ke Afghanistan pada 14 Desember 2023 – 9 Januari 2024 lalu untuk membantu korban bencana gempa bumi dahsyat di Herat.

Tim menempuh perjalanan darat selama 36 jam dari ibukota Afghanistan Kabul ke Herat dengan membawa bantuan dari masyarakat Indonesia.

Bantuan berupa obat-obatan, alat kesehatan, perlengkapan musim dingin, dan makanan semua disalurkan langsung oleh Tim MER-C setelah mendapat izin dan pengamanan dari otoritas setempat.

Bahkan Tim Medis MER-C juga mendapatkan izin melakukan pengobatan bagi warga terdampak gempa di Herat.

Baca Juga: Menko PMK Klaim Kemiskinan Ekstrem di Indonesia Turun

Seiring musim dingin ekstrem yang melanda Afghanistan, MER-C kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan tahap 2 ke Herat tepatnya di Distrik Zenda, pada 12 – 13 Maret 2024.

Bantuan berupa perlengkapan musim dingin dan bahan makanan didistribusikan ke empat desa yang terdampak gempa paling parah.

MER-C terus menjalankan bantuan berkelanjutan di wilayah pasca gempa Afghanistan.

Saat ini tengah berlangsung penyaluran bantuan kemanusiaan tahap 3 yaitu program pembuatan sumur air bersih di beberapa desa di wilayah pasca gempa di sana.[]

Baca Juga: Sejak Awal 2024, Puluhan Ribu Buruh Tekstil Kena PHK

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda