Kabinet Terbatas Israel Akan Bahas Pertukaran Tawanan

Tel Aviv, 22 Syawwal 1437/26 Juli 2016 (MINA) – Media-media Israel pada Senin (25/7) kemarin mengungkapkan bahwa kabinet terbatas pemerintahan Israel bidang politik dan keamanan akan mendiskusikan pertukaran tawanan pada Rabu mendatang.

Harian Yerrol Hayim pada terbitannya mengatakan, Menteri Kehakiman Israel, Aliet Shaked mengumumkan niat kebinetnya untuk mendiskusikan masalah yang direkomendasikan oleh komisi Shamgar terkait draft undang-undang pertukaran tawanan, demikian Pusat Info Palestina (PIP) melaporkannya.

Dalam pertemuanya dengan dewan Knesset, tim dari kabinet Israel akan mendiskusikan masalah pertukaran itu, terutama kaitanyaa dengan teks bahwa pertukaran tawanan harus satu lawan satu.

Selain itu, tidak boleh ada pertukaran tawanan manapun bila ditukar dengan jenazah tawanan Israel, selain ada sejumlah ketentuan terkait tawanan yang termasuk dalam pihak yang melakukan transaksi pertukaran.

Komisi Shamgar yang dipimpin mantan pengadilan tinggi, Meir Shamgar sejak 2008 yang memutuskan tentang pertukaran tawanan dengan Gilad Shalit. Dalam kaitan ini, ia juga telah memberikan rekomendasinya kepada mantan Menteri Pertahanan Ehud Barak tahun 2012 setelah terjadinya transaksi pertukaran tawanan dengan Hamas. (T/P011/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)