Kabupaten Deli Serdang Terima Rp 739,6 Miliar untuk Pendidikan

Deli Serdang, MINA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan pendidikan sebesar Rp739,6 milyar kepada Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, dalam acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan 2019.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, di Alun-Alun Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Sabtu, (30/3) dalam Kegiatan Gebyar Dikbud 2019 di Kabupaten Deli Serdang.

Ia mengatakan, setiap tahun Kemendikbud memberikan bantuan pendidikan ke daerah berupa dana alokasi khusus (DAK) maupun dana alokasi umum (DAU).

“Ada DAK fisik maupun nonfisik yang kita berikan tiap tahun kepada semua daerah, belum termasuk bantuan dari pusat yang akan dicairkan secara bertahap,” ujar Sekjen.

Ia menambahkan, Kemendikbud mendorong pemerintah daerah agar meningkatkan anggaran pendidikan dalam APBD.

“Jadi urusan pendidikan harus disinergikan antara pusat dan daerah,” tuturnya.

Menurutnya, pendidikan menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah pusat. Pemerintah pusat membutuhkan partisipasi pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan mengatakan, akan menggunakan bantuan pendidikan yang diberikan Kemendikbud dengan optimal.

“Tentu saja kami akan memanfaatkan dengan sebaiknya-baiknya, dari bantuan operasional sekolah (BOS), sampai insentif untuk para guru, termasuk perbaikan sarana fisik dan kellengkapan sekolah,” katanya.

Ia memaparkan pada dasarnya visi Pemerintah Kabupaten Deli Serdang adalah mewujudkan masyarakat yang maju, berdaya saing, religius, dan bersatu dalam kebinekaan.

“Misi utamanya adalah peningkatan kualitas manusia, sehingga kami akan meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan,” ujarnya. (R/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)