Kadin Indonesia Gelar Rakornas 2017

Rakornas Kadin 2017 Kluster Bidang Hubungan Internasional. Foto: Royhanul Iman/MINA

Jakarta, MINA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2017 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (3/10). Acara ini diikuti oleh pelaku usaha swasta dan pemerintahan.

Ketua Umum Rosan P. Roeslani mengatakan, rakornas ini dapat mensinergikan langkah dunia usaha dengan kebijakan pemerintah.

“Rakornas Kadin 2017 mengambil tema ‘Pemerintah Bersama Dunia Usaha Mendorong Penciptaan Lapangan Kerja, Mengurangi Tingkat Kemiskinan dan Kesenjangan’,” kata Rosan di Jakarta.

Ia menambahkan, saat ini Kadin Indonesia sendiri tengah mendorong penciptaan lapangan kerja yang seluas-luasnya.

Langkah tersebut dinilai perlu didukung kebijakan pemerintah yang berpihak pada penciptaan iklim usaha yang kondusif, pertumbuhan ekonomi serta peningkatan daya saing dunia usaha nasional.

“(Kami) berharap dengan penciptaan lapangan kerja akan mampu mengurangi tingkat kemiskinan dan kesenjangan ekonomi secara signifikan,” katanya.

Dalam Rakornas Kadin 2017, Kadin membagi bidang dan sektor usaha ke dalam 14 kluster utama. Beberapa di antaranya, pertama, kluster Bidang Perindustrian dan Perdagangan yang membahas pada kesiapan perdagangan dan industri dalam era digital ekonomi.

Lalu ada kluster Bidang Agribisnis, Pangan, Kehutanan, Pengolahan Makanan, Industri Peternakan, Kelautan dan Perikanan yang bahasannya terfokus pada peningkatan produksi pertanian, peternakan dan perikanan untuk pemerataan ekonomi dan memacu daya saing bangsa.

Kemudian, Kluster Hubungan Internasional. Kluster ini terfokus pada peningkatan kerjasama ekonomi dan bisnis antar bangsa dalam rangka mendorong percepatan pertumbuhan. Dan lain-lain.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dijadwalkan akan hadir dalam rakornas dan akan menerima laporan hasil atau rekomendasi dari setiap kluster bidang. (L/R08/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.