Kafilah Sumut Pemenang Cabang Syarhil Quran MTQN XXVII

Medan, MINA – Kejuaran Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) XXVII di Medan akhirnya mulai menemukan juara-juaranya, Kamis (11/10). Tiga pemenang dari Kafilah  Provinsi (Provsu) adalah M Agung sebagai Pensyarah, Rhaka sebagai Qari dan Zahro untuk saritilawa menjadi pemenang juara pertama cabang Syarhil Quran golongan putra.

Di babak final cabang Syarhil Quran golongan putra, mereka mengungguli pesaing finalis lainnya yang berasal dari Provinsi Riau dan Provinsi Banten di Gelanggang Mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumut (UINSU) Sutomo, Kamis (11/10).

M Agung menyatakan, rasa bahagia dan puas karena telah selesai memberikan penampilan terbaik pada babak final meski saingan dari peserta lainnya sangat ketat. “Alhamdulillah sudah selesai tampil dan InshaAllah bisa menjadi yang terbaik,” katanya. Demikian keterangan tertulis Pemprov. Sumut.

Ketiga pelajar SMA tersebut mendapatkan tepuk tangan dan sambutan yang meriah dari penonton yang meramaikan Gelanggang Pascasarjana UINSU. Bukan hanya itu, mereka langsung diburu mendapatkan ucapan selamat dan minta diajak foto bareng dari teman-teman sekolah, keluarga dan penonton serta masyarakat umum.

Selain itu, mereka berharap dengan pencapain di MTQ cabang Syarhil Quran tersebut dapat memberi insipirasi dan semangat untuk generasi muda Islam agar berani mengikuti perlombaan yang sama dengan tujuan menyiarkan Al Quran.

“Kalau ada kemauan pasti ada jalannya, terpenting latihan, belajar dan tujuannya untuk menyiarkan Al Quran. Menang atau kalah urusan terakhir yang penting berani dan memberikan penampilan terbaik,” kata mereka.

Diketahui, babak final cabang Syarhil Quran MTQ, diikuti enam kafilah dibagi tiga peserta golongan putera yakni Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau dan Provinsi Banten. Sementara golongan puteri ada Provinsi Aceh, Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Riau.

Sementara itu, perolehan skor finalis cabang Syarhil Quran golongan putera yaitu kafilah Provinsi Sumatera Utara skor 92, kemudian diikuti kafilah Provinsi Riau dengan skor 91,17 dan kafilah Provinsi Banten mendapatkan skor 90,92.

Untuk golongan puteri dimenangkan kafilah Provinsi Aceh dengan skor 93,83, kemudian kafilah Provinsi Jawa Barat dengan skor 93,07 dan kafilah Provinsi Riau perolehan skor 90,89. (R/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)