Kalahkan Jepang 3-2, Indonesia Melaju ke Final Thomas Cup 2022

Bangkok, MINA – Tim bulutangkis putra Indonesia berhasil mengalahkan Jepang dengan skor 3-2 di babak semifinal Piala Thomas Cup 2022  yang digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand, pada Jumat (13/5) malam WIB.

Hasil tersebut, membawa Indonesia melaju ke babak final  menghadapi India pada Ahad (15/5).

Pada semifinal kontra Jepang, Tim Thomas Indonesia sempat unggul 2-0 berkat kemenangan yang diraih oleh Anthony Sinisuka Ginting dan pasangan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Anthony Ginting meraih kemenangan atas tunggal putra terbaik Jepang, Kento Momota. Sementara, Ahsan/Kevin menang ketika bersua Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Namun, dua wakil Indonesia pada partai ketiga dan keempat, yakni Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, harus mengakui keunggulan wakil Jepang.

Jonatan Christie yang sebelumnya mengantongi rekor tak terkalahkan sejak fase grup, takluk di hadapan Kenta Nishimoto.

Sementara itu, Fajar/Rian menelan kekalahan setelah berduel sengit dengan pasangan Akira Koga/Yuta Watanabe.

Kekalahan yang dialami Jonatan Christie dan Fajar/Rian membuat laga Indonesia vs Jepang menjadi imbang 2-2. Alhasil, laga harus dilanjutkan ke partai kelima atau terakhir.

Pada partai kelima, Indonesia menurunkan Shesar Hiren Rhustavito, sedangkan Jepang diwakili oleh Kodai Naraoka.

Setelah berjuang selama 44 menit, Shesar Hiren Rhustavito mampu memenangi partai penentuan tersebut dua gim langsung dengan skor 21-17 dan 21-11.

Dengan demikian, Indonesia berhasil mengalahkan Jepang dengan skor 3-2 dan berhak melaju ke final Piala Thomas 2022.

Selanjutnya, Indonesia akan melawan India yang lolos ke final seusai menang 3-2 kala bersua Denmark di semifinal.

Adapun final Piala Thomas 2022 antara Indonesia dan India dijadwalkan berlangsung pada Ahad (15/5/2022).

Indonesia wajib memenangi laga tersebut untuk mempertahankan gelar juara Piala Thomas yang sebelumnya mereka raih pada edisi 2020 di Aarhus, Denmark.

Sementara itu di ajang Piala Uber, langkah Indonesia terhenti di babak perempat final usai disingkirkan China dengan skor 0-3.

Dengan demikian, Tim Uber Indonesia sudah 6 kali beruntun tersingkir di perempat final semenjak meraih tiket semifinal 2010. (L/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.