Kaligrafi Nasional Turki Masuk Daftar Warisan Budaya UNESCO

, MINA – tradisional , juga dikenal sebagai Husn-i Hat, masuk ke daftar Intangible Cultural Heritage of Humanity , demikian Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan pada Rabu, seperti dikutip dari AA.

“Berkas nominasi nasional kami ‘Husn-i Hat, Kaligrafi Tradisional dalam Seni Islam di Turkiye’ telah tertulis di daftar Intangible Cultural Heritage of Humanity UNESCO, selama Sesi ke-16 Komite Antar Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya yang diadakan secara online antara 13-18 Desember 2021,” kata pernyataan itu.

Kementerian mencatat bahwa jumlah elemen budaya negara yang tertulis dalam daftar telah mencapai 21 jenis.

“Kami akan terus melestarikan, menghargai, dan mempromosikan nilai-nilai budaya kami yang kaya yang diwarisi dari sejarah kami yang mengakar,” tambah pernyataan itu lagi.

Husn-i Hat adalah praktik menulis huruf Arab secara terukur dan proporsional sejak berabad-abad dengan tetap mempertimbangkan nilai-nilai estetika tertentu. Kaligrafi tradisional dapat ditulis di atas kertas atau kulit, juga dapat ditulis pada batu, marmer, kaca dan kayu, antara lain, kata UNESCO.(T/RS3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: bahron

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.