Anies Baswedan Resmikan Rerevitalisasi Kampung Kwitang

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta, menghadiri peletakan batu pertama (groundbreaking) revitalisasi , Jakarta Pusat, pada Rabu (31/3) pagi.

Kawasan perumahan warga tersebut direvitalisasi setelah mengalami kebakaran di Jl. Kembang V, Kwitang, pada Sabtu (13/3) lalu. Langkah itu diambil agar warga yang terdampak bisa mendapatkan hunian baru.

Anies mengatakan kegiatan tersebut hanya sebatas seremonial, namun kerja besar yang dilakukan mulai dari perencanaan sudah dimulai pascakebakaran terjadi. Menurutnya para korban yang terdampak akan segera mendapatkan bantuan secara bertahap terkait 27 unit hunian baru yang akan direvitalisasi.

“Ketika tempat ini mengalami musibah kebakaran, pada saat itu kita menyaksikan keluarga-keluarga yang kehilangan tempat tinggal, harta benda, tetapi kita semua tahu yang hilang adalah barang, yang Insya Allah nantinya bisa mendapatkan ganti yang lebih baik. Hal ini bisa dilihat dengan rancangan rumah yang lebih baik, kawasan dengan fasilitas yang lebih lengkap, dan bisa menjadi pemukiman yang jauh lebih nyaman dan sehat sebelum terjadinya musibah tersebut,” ujar Anies.

Menurutnya, musibah kebakaran yang menimpa warga dapat dijadikan refleksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik, karena selalu ada hikmah di balik musibah. Respon cepat kolaborasi pemerintah bersama berbagai pihak menghasilkan perencanaan revitalisasi di kawasan perumahan warga tersebut.

“Baik dari Baznas Bazis, Pemprov DKI (khususnya Kota Adm. Jakpus) juga pihak swasta (Intiland). Ini merupakan kolaborasi yang harus kita kembangkan di berbagai tempat lainnya. Bahwa kita mengalami kesulitan seperti sekarang, maka masing-masing kita harus turun tangan,” kata Anies.

Wujud kolaborasi ini melibatkan pihak yang peduli terhadap kondisi masyarakat akibat musibah kebakaran, dengan direalisasikan seperti menyumbang sumber daya yang dimiliki satu sama lainnya. Hal ini karena bahwa bukan hanya rumahnya saja yang dibangun, tapi rancangannya juga disiapkan dengan matang.

Anies juga menyampaikan apresiasi terhadap semua pihak yang berperan mulai dari perencanaan, hingga pelaksanaan di lapangan. Gubernur Anies berharap agar pengerjaan Kwitang tersebut dapat selesai sesuai target.

Insyaallah tempat ini bisa menjadi lokasi percontohan sebuah kawasan (kampung) yang hidup beraktivitas dengan mendasarkan pada nilai-nilai yang diyakini, dijaga dengan baik di wilayah ini. Perlu diingat proses pembangunan harus tetap berpatokan kepada on schedule, on budgeting, serta on quality dan ditargetkan selesai sebelum Idul Firti. Kepada yang bekerja saya sampaikan terima kasih, semoga proses pengerjaan segera tuntas, Insya Allah semuanya bisa merasakan kebaruan (hunian baru) saat merayakan Idul Fitri disini,” tambahnya. (R/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.