Kampung Zakat di Kepulauan Meranti Riau Segera Diluncurkan

(Foto: Ditjen Bimas Islam Kemenag)

Jakarta, MINA — Kementerian Agama (Kemenag) akan meluncurkan program Kampung Zakat di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau pada Desember 2022 mendatang.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Tarmizi Tohor menjelaskan, peluncuran Kampung Zakat ini untuk meningkatkan perekonomian umat di wilayah pesisir Provinsi Riau.

“Alhamdulillah, kini sudah ada 18 Kampung Zakat di seluruh Indonesia. Nanti di bulan Desember, insyaallah kita luncurkan yang ke-19 di Kepulauan Meranti,” tutur Tarmizi pada acara Diseminasi Kampung Zakat Nasional di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Tarmizi mengungkapkan, Kabupaten Kepulauan Meranti mempunyai potensi alam berupa perkebunan sagu yang cukup besar. Menurutnya, potensi alam tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok pengganti beras.

“Sagu ini produksinya lebih stabil dibandingkan beras karena bisa dipanen sepanjang tahun. Maka dari itu, hal ini perlu dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi warga setempat,” ujarnya.

Tarmizi mengingatkan, program Kampung Zakat ini tidak hanya terpaku pada faktor ekonomi semata, juga harus mampu meningkatkan kualitas keimanan dan moderasi dalam beragama.

“Program ini tidak hanya eksklusif untuk warga muslim, tapi juga bagaimana kita meningkatkan rasa kebersamaan melalui moderasi beragama dengan warga lainnya,” kata Tarmizi. (L/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)