Kanada Beri Bantuan 2,4 Juta Dolar AS untuk Warga Palestina

Ottawa, MINA – Pemerintah Kanada memberikan bantuan kepada Program Pangan Dunia PBB (WFP) dengan kontribusi sebesar 2,4 juta dolar AS untuk mendukung 128.000 warga Palestina yang rentan di Gaza dan Tepi Barat, Kamis (9/5).

MEMO melaporkan, WFP akan menggunakan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan pangan dasar 91.000 nonpengungsi yang tidak aman pangan di Gaza, melalui voucher elektronik selama sekitar satu setengah bulan dan 37.000 orang Badui serta penggembala yang rentan di Tepi Barat selama tiga bulan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas komitmen Kanada untuk memberikan bantuan makanan kepada orang-orang Palestina yang paling rentan,” ujar Perwakilan dan Direktur Negara WFP, Stephen Kearney.

Kearney juga mengatakan, bantuan makanan berkelanjutan sangat penting karena jumlah orang yang tidak aman pangan di Palestina sedang meningkat dengan orang-orang harus melewatkan makan, berutang dan mengandalkan dukungan dari tetangga dan teman.

WFP membantu komunitas nonpengungsi di Gaza dan Tepi Barat yang paling terpukul oleh kurangnya pekerjaan dan hanya menerima kurang dari 1 Dolar AS per hari, untuk memenuhi kebutuhan dasar perumahan, pakaian, dan makanan.

WFP akan menggunakan bagian dari kontribusi ini untuk mengatur sesi nutrisi dan kesadaran kesehatan di mana keluarga dapat belajar, bagaimana menyiapkan makanan sehat dan kaya vitamin menggunakan hak makanan WFP mereka.

Perhatian khusus juga akan diberikan kepada ibu hamil dan menyusui, serta pengasuh anak di bawah usia lima tahun.

Selain pekerjaan penting WFP yang memenuhi kebutuhan pangan dasar pria dan wanita miskin di Tepi Barat, Yerusalem Timur dan Gaza, Kanada juga menghargai dampak WFP terhadap ekonomi lokal, mereka mempromosikan petani lokal, pengolah makanan, dan toko.

Perwakilan Kanada untuk Otoritas Palestina Douglas Scott Proudfoot mengatakan, bekerja dengan mitra seperti WFP yang memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dan anak perempuan adalah prioritas utama bagi Kanada.

Berdasarkan ketentuan rencana empat tahun di Palestina, WFP bertujuan memberikan bantuan makanan kepada 360.000 orang yang paling terpengaruh oleh kerawanan pangan, terutama di Gaza dan Area C di Tepi Barat.

Sejak 2011, WFP telah menginvestasikan lebih dari 210 juta Dolar AS ke dalam ekonomi Palestina melalui voucher makanan. (T/Ast/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)