Kanada Umumkan Bantuan Bagi Warga Palestina Korban Serangan Israel di Gaza, Tepi Barat

Ottowa, MINA – mengumumkan bantuan keuangan sebesar AS$ 25 juta bagi warga yang terkena dampak agresi dan kekerasan Israel baru-baru ini di Jalur dan .

Kantor Berita Palestina Wafa melaporkan, Ahad (30/5), pemerintah negara tersebut juga memastikan bantuan darurat harus segera mencapai warga sipil Palestina yang menghadapi kebutuhan kemanusiaan yang mendesak di Gaza, serta mereka yang terkena dampak kekerasan di Tepi Barat.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan AS$25 juta dalam pendanaan untuk mendukung warga sipil Palestina di wilayah tersebut.

Dana ini akan diberikan kepada badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan organisasi lain dengan rekam jejak yang terbukti dalam memberikan bantuan secara efektif dan sesuai dengan persyaratan Kanada, kata pernyataan dari Sekretariat Perdana Menteri Kanada.

“Kekerasan baru-baru ini di wilayah tersebut mengkhawatirkan – kita semua telah melihat gambar-gambar yang mengganggu dari warga sipil yang terlantar, kehilangan nyawa, dan rasa sakit yang menimpa keluarga. Pendanaan hari ini akan langsung masuk ke organisasi berpengalaman yang akan membantu warga sipil Palestina yang paling rentan mengatasi dampak konflik baru-baru ini. Kanada akan terus mendukung upaya pembangunan perdamaian yang berkontribusi untuk mencapai perdamaian yang komprehensif, adil, dan langgeng di Timur Tengah,” kata Trudeau.

Bantuan Kanada akan termasuk dana senilai $10 juta yang dikirimkan segera untuk bantuan makanan mendesak, tempat tinggal, air, sanitasi dan kebersihan, serta untuk dukungan psikososial bagi yang paling rentan, termasuk anak-anak.

Pendanaan tersebut mencakup tambahan $10 juta untuk mendukung upaya kemanusiaan dan pembangunan kembali guna meletakkan dasar bagi pemulihan yang berkelanjutan, seperti infrastruktur medis yang penting dan langkah-langkah untuk membantu keluarga mencari nafkah.

Sementara dana kemanusiaan senilai $5 juta lainnya akan digunakan untuk inisiatif pembangunan perdamaian yang memajukan tujuan perdamaian yang komprehensif, adil, dan abadi di Timur Tengah.

“Dukungan ini dibangun di atas komitmen Kanada sebelumnya di wilayah tersebut,” kata pernyataan itu. Dukungan yang berkelanjutan mencakup bantuan kemanusiaan untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar, serta bantuan pembangunan untuk meningkatkan kondisi sosial ekonomi rakyat Palestina.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.