Kanselir Jerman: Konflik Militer dengan Korut Bisa Dihindari

Kanselir Jerman Angela Merkel. File photo

Berlin, MINA  – Konflik militer dengan Korea Utara dapat dihindari, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan pada hari Rabu (23/8) waktu setempat.

“Jerman dapat membantu menemukan solusi diplomatik terhadap kebuntuan dan perseteruan antara Korut dan Amerika Serikat (AS). Kita harus berbuat lebih banyak,” kata Merkel seperti dilasir Ahram Online yang dikutip MINA, Kamis (24/8).

“Kami tidak bisa begitu saja meminta solusi diplomatik sementara kami duduk dan tidak melakukan apa-apa,” tambah pemimpin ‘Negeri Bavaria’ dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh harian bisnis Handelsblatt.

Merkel, yang diperkirakan akan memenangkan pemilihan bulan depan, mengatakan negara-negara Uni Eropa seperti Jerman dan Perancis dapat berperan aktif dalam mengamankan solusi damai untuk krisis hubungan Pyongyang dengan Washington.

Menurutnya solusi damai sangat bisa dicapai seperti yang mereka lakukan dalam pembicaraan dengan Iran mengenai program nuklir negara itu.

Ketegangan dalam hubungan antara ‘Negeri Paman Sam’ dan ‘Negeri Juche’ semakin meningkat setelah Pyongyang terus melakukan uji coba rual balistik antarbenua (ICMB) yang mampu menjangkau sejumlah daratan AS.

Yang terbaru, rezim Kim Jong-un mengumumkan telah siap untuk membombardir instalasi militer Washington di Guam, sebuah pulau di Pasifik yang berada di bawah naungan AS, dengan rudal.

Namun belakangan Kim memutuskan untuk menunda rencana menyerang Guam sambil mengamati perkembangan perilaku AS. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)