KANTOR BERITA MINA SELENGGARAKAN PELATIHAN JURNALISTIK ISLAM TINGKAT PEMULA

redaksi MINA
Kegiatan Rapat Redaksi di Jakarta (Dok MINA)

Jakarta, 15 Ramadhan 1436/2 Juli 2015 (MINA) – Kantor Berita MINA (Mi’raj Islamic News Agency) bekerjasama dengan Majelis Dakwah Pusat Jama’ah Muslimin (Hizbullah) dan Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Jabodetabek dijadwalkan menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Islam Tingkat Pemula, pada Sabtu, 17 Ramadhan 1436/4 Juli 2015 pagi pukul 09.00 sampai malam 22.00 WIB di Masjid At-Taqwa Jalan H. Abdurahman No. 3, , Jakarta Timur.

Kepala Pendidikan dan Pelatihan (Kadiklat) MINA, Bahron Ansori mengatakan, tujuan kegiatan untuk mengenalkan kepada peserta tentang seluk-beluk dunia jurnalistik Islam, menumbuhkan kemampuan menulis berita dan artikel keislaman, serta menjadi wartawan citizen journalism bagi peserta.

“Para peserta ditargetkan terdiri dari asatidz, dai, mahasiswa, pelajar, muslimah, dan umum, diharapkan mereka dapat menambah kemampuannya di bidang dakwah media,” ujar Bahron, yang juga Redaktur MINA tersebut.

Materi pelatihan meliputi: Kewajiban Dakwah bil Qalam, Dasar-Dasar Jurnalistik Islam, Teknik Dasar Menulis Berita, Menulis Artikel keislaman, Menulis Feature, dan Citizent Journalism.

Ia menambahkan, direncanakan setelah tingkat pemula atau dasar tersebut, Diklat MINA akan melanjutkannya dengan training tingkat lanjut.

“MINA juga sedang merencakan draft pembentukan sekolah jurnalistik Islam MINA School of Islamic Journalism, yang memadukan standar dan kode etik jurnalistik serta nilai-nilai dakwah Islam yang rahmatan lil ‘alamin,” tambah alumni Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Islam Tsaqafah itu.

Ditargetkan sekolah yang secara khusus membidangi jurnalistik Islam itu akan diluncurkan pada Desember 2015 mendatang, pada acara milad ke-3 Kantor Berita Islam MINA.

Agenda pelatihan jurnalistik Islam, dijadwalkan akan dilaksanakan juga di beberapa wilayah potensial, seperti Bandung, Semarang, Jogjakarta, Pontianak, Samarinda dan Kupang NTT.

Menurut Panitia Pelaksana, calon peserta ditargetkan terbatas 50 orang, dan kini sudah mulai mendaftar datang dari beberapa tempat seperti: Jakarta, Bekasi, Serpong dan Bogor.

Calon peserta yang berminat dapat menghubungi panitia pelaksana di Kantor MINA Gadung MER-C lantai 1 Jalan Kramat Lontar J-157 Senen, Jakarta Pusat, telepon 021-3152322 atau pesan singkat dan WA ke nomor 085768931315, dengan persyaratan infaq peserta Rp50 ribu (untuk makalah, ballpaint, bloknote dan sertifikat).

Tentang MINA

MINA adalah satu-satunya kantor berita Islam yang terbit dalam tiga bahasa, Indonesia, Arab dan Inggris, membawa dengan visi utama menyampaikan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin melalui media.

MINA didirikan secara resmi diluncurkan tanggal 18 Desember 2012 di Jakarta oleh Ketua DPR RI Dr. Marzuki Alie dan Pendiri MINA, H.M. Hamidy (mantan Seklem ANTARA). Hadir sebagai keynote speaker dalam acara pembukaan sekaligus seminar, AM Fachir (kini Wakil Menlu RI).

MINA menjalankan misi membela kepentingan Islam dan Muslimin melalui dakwah media online, memperjuangkan pembebasan Masjid Al-Aqsha dan Kemedekaan Palestina melalui persatuan dan kesatuan umat Islam, serta membuat berita dan memuat tulisan tentang pembelaan dan pencitraan dunia Islam.

Wartawan-wartawan MINA dalam pemberitaannya, menulis berita sesuai syar’i, jujur, adil, berimbang, lengkap dan akurat tentang informasi dunia Islam pada khususnya dan dunia pada umumnya

MINA mengembangkan biro-biro dalam negeri seperti di Banten, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Lampung, Aceh, Pontianak, Smarinda hingga Kupang NTT. Serta biro luar negeri di Malaysia, Filipina, Thailand, Sudan, Yaman, Arab Saudi dan Palestina. (L/P007/P4).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0