Kapal Perang Iran ke Indonesia Bawa Pesan Perdamaian dan Perluas Kerja Sama

Jakarta, MINA – Kapten Kapal Perang Kharg Iran Capt. Ehsan Nasir mengatakan, kedatangan kapal perangnya yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, kali ini membawa pesan perdamaian dan persahabatan dari masyarakat Iran dan masyarakat Indonesia.

“Kami datangi Indonesia untuk sebar luaskan hubungan kami dengan Indoneisa, khususnya di bidang pertahanan, setelah melewati lebih dari 5.000 mil di berbagai lautan dan peraiaran,” kata Nasir kepada awak media yang diundang berkunjung ke kapal Kharg di Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (27/2).

Hadir dalam kesempatan itu, Dubes Iran untuk Indonesia H.E. Mr. Mohammad Azad, Kapten Kapal Perang Kharg Iran Capt. Ehsan Nasir, Flag Officer Captain Farhaf Fattahi, dan Kolonel Mohammad Behrouz, Atase Pertahanan Kedutaan Besar Republik Islam Iran.

“Kami, bekerja sama dengan seluruh negara yang berada di pesisir Samudera Hindia. Kami akan mengawasi berbagai perkembangan dan berkontribusi bagi keamaan di perairan Samudera Hindia,” ujar Kapten Nasir.

Ia menilai, Indonesia merupakan negara yang kuat, dari segi pertahanan merupakan negara yang luar biasa, dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas. Menurutnya, mengamankan negara yang besar ini bukan merupakan perkara yang mudah dan Indoneisa telah melakukannya dengan sempurna.

“Tentu Indonesia sebagai negara besar, negara yang berperan besar untuk menamankan perairan internasional khususnya di Samudera Hindia merupakan salah satu negara yang kami ingin memperluas kerja sama dengan Indoesia. Tentu kami juga memiliki pengalaman yang baik untuk mengamankan perairan internasioanl seperti Selat hormus dan perairan di bagian utara Selat Hindia,” katanya.

Perjalanan yang ditempuh selama 40 hari itu membawa 400 mahasiswa atau taruna dari perguruan tinggi yang dimiliki Angkatan Laut di Iran. Sepanjang perjalanan para taruna diberikan pendidikan dari segi elektronik, ilmu mesin, persenjataan, dan ilmu pengetahuan maritim.

“Sebagai dua negara yang memiliki jumlah muslim terbesar, tentu kehadiran anak taruna di Indoneisa membangun interaksi mereka dengan masyarakat setempat, dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata, sehingga para taruna bisa mengetahui dan mengenal budaya Indonesia, ini merupakan pengetahuan dan pendidikan yang berharga bagi mereka sebagai pelajaran langsung yang didaptkan di lapangan,” kata Kapten Nasir.

Kapal Perang Kharg Iran merapat di Dermaga 300 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara sejak Selasa (25/2) dan akan bertolak kembali ke Iran pada Jumat (28/2). Kunjungan itu dalam rangka merayakan hubungan diplomatik antar kedua negara yang telah berlangsung selama 70 tahun. (L/Mee/R6/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)