Kapal Zaituna Diperkirakan Tiba di Gaza Hari Ini

Gaza, 3 Muharram 1438/5 Oktober 2016 (MINA) – Komite Internasional Akhiri Blokade Gaza sekaligus anggota pendiri koalisi armada pembebasan mengatakan, Kapal Zaituna-Oliva masih dalam perjalanan, perkiraan hari ini, Rabu (5/10) akan sampai di perairan regional Palestina.

Dalam keteranganya, Selasa (4/10), komite ini menyebutkan bahwa kapal yang bergerak dari Pelabuhan Barcelona, Spanyol sejak 14 September lalu berikut 13 relawan diperkirakan akan tiba di Gaza Rabu sore atau Kamis pagi, jika tidak mendapat rintangan dari Angkatan Laut Israel di perairan internasional, demikian laporan Pusat Info Palestina (PIP).

Komite internasional mengungkapkan para aktivis dan relawan Palestina yang berada di kapal pembebas blokade mencurahkan segala kemampuanya melalui kampanye media, politik dan publik untuk menekan Israel serta dunia internasional guna melindungi Kapal Zaituna-Oliva, tidak mengganggu mereka mengingat di dalamnya terhimpun sejumlah aktivis dan tokoh wanita internasional.

Beberapa hari yang lalu, Harian Maarev mengatakan, Israel tengah mempersiapkan untuk menghadang para aktivis asing di Kapal Zaituna-Oliva menuju Gaza.

Dalam situs elektroniknya, Maarev mengatakan, Angkatan Laut Israel sudah memberikan intruksi untuk menghalangi datangnya Kapal Zaituna-Oliva secara paksa dan menangkap semua aktivis di dalamnya, saat mereka mendekati Gaza.

Sementara itu, Kapal Amal-Hope 2 yang sedianya akan mengikuti Zaituna tidak akan berlayar kali ini, karena beberapa sebab eksternal, selain tidak adanya fasilitas yang diperlukan dan sangat mendasar untuk berlayar. (T/P011/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)