Kapolda Metro Jaya Jelaskan Kronologi Penembakan di Kantor MUI

Jakarta, MINA – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menjelaskan kronologi yang terjadi di Gedung Majelis Ulama Indonesia () Jalan Proklamasi Nomor 51, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (2/5).

“Ada orang tak dikenal yang masuk ke dalam pintu depan mencari ketua MUI. Ia ingin bertemu namun oleh pihak Pamdal tidak diizinkan karena ia tidak bisa menjelaskan kepentingannya apa,” kata Karyoto kepada media di lokasi kejadian, pada Selasa (2/5).

Lanjut katanya, yang bersangkutan mengeluarkan senjata. “Ada butiran pengisi peluru, ada tabung gas kecil, melihat ini maka ini airsoft gun bukan senjata api. namun alangkah lebih detail kami minta kepada labfor,” jelas Karyoto.

Setelah itu, pelaku kemudian melakukan penembakan di lantai dasar gedung MUI Pusat. “Menembak, salah 1 korban tertembak di punggung, lalu pelaku keluar dan kemudian diamankan,” katanya.

Sementara Kapolres Metro Jakarta Pusat (Jakpus) Komisaris Besar (Kombes) Komaruddin mengatakan, pelaku penembakan di Kantor Pusat MUI sudah tewas. Namun, Komaruddin belum dapat memberikan penjelasan detail soal penyebab tewasnya si pelaku nekat tersebut.

Kapolres belum mendapatkan laporan lengkap soal identitas pelaku penembakan yang terjadi Selasa (2/5) di Jalan Proklamasi 51 Menteng, Jakpus, tersebut. “Pelakunya sudah meninggal,” kata Kombes Komaruddin saat dihubungi wartawan via sambungan seluler.

Pun kepolisian, kata dia, belum berani menentukan motif penembakan. “Nanti kalau sudah dapat identitas pelaku, latar belakang (motif) dan sebagainya, modus, dan sebagainya, nanti kita rilis,” ujar Kombes Komaruddin.

Untuk sementara, kata dia, laporan yang masuk kepadanya, pelaku penembakan hanya satu orang.

Sementara, korban ada yang mengalami perawatan akibat terkena serpihan tembakan dan pecahan kaca. “Untuk korban yang dikabarkan baru satu yang luka-luka. Tapi, nanti saya cek dulu nanti. Infonya masih terus kita dalami,” ujar Kapolres.

Kombes Komaruddin juga mengatakan, tim kepolisian saat ini sedang melakukan pengecekan tempat kejadian perkara (TKP), dan memastikan senjata api yang dibawa pelaku saat ini dalam penguasaan kepolisian.

Penembakan yang dilakukan orang tak dikenal terjadi sekitar pukul sebelas siang di Gedung MUI, Jakpus, Selasa (2/5). Belum ada informasi tentang korban jiwa dalam dari aksi nekat itu. Tetapi, peluru tembakan yang dipicu laki-laki berbaju merah kotak-kotak tersebut mengenai dan menghancurkan pintu kaca akses utama gedung MUI.

Pantulan sasaran peluru dari senjata api mengenai sejumlah pegawai dan staf setempat. Beberapa orang dikabarkan luka-luka terkena pecahan kaca. Kepolisian sampai saat ini masih mencari tahu motif dari aksi nekat tersebut. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.