Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kapuspen: Pangkalan TNI di Lebanon Tidak Terkena Mortir Israel

kurnia - Jumat, 27 Oktober 2023 - 02:26 WIB

Jumat, 27 Oktober 2023 - 02:26 WIB

5 Views ㅤ

Kepala Puspen (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Julius Widjojono

Jakarta, MINA – Kepala Puspen Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Julius Widjojono  menjelaskan, tidak benar pangkalan pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Lebanon,  dari Indonesia, UNIFIL, terkena mortir dari Israel.

Ia mengatakan, mortir yang dimaksud merupakan roket ‘flare” yang jatuh satu kilometer dari pangkalan pasukan perdamaian Indonesia di Lebanon.

“Pasukan kita UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon/Pasukan Sementara PBB di Lebanon)  dalam keadaan aman, (roket) jatuh di sekitar satu kilometer dari pos,” kata Julius di kompleks Puspen TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (26/10)

“Kemudian, yang ada di berita media sosial yang beredar beberapa hari ini, terutama tadi malam, itu hanya roket flare,” ujarnya.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

Diketahui, para prajurit TNI tergabung dalam pasukan perdamaian PBB di Lebanon. Mereka tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda (Konga) UNIFIL. Data dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mencatat, terdapat sekitar 1.200 prajurit TNI di pangkalan pasukan perdamaian di Lebanon.

Kapuspen mengungkapkan, roket ‘flare’ itu biasanya digunakan untuk memberikan penerangan pada malam hari bagi penyerang, atau mengukur jarak dan aktivitas musuh.

“Jadi bukan roket yang menyebabkan ledakan di area kita,” kata Julius.

Julius mengatakan, TNI juga aktif berkoordinasi dengan pihak UNIFIL maupun Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI selama eskalasi konflik Hamas-Israel meningkat.

Baca Juga: Peringatan Setahun Kasus Rempang, Warga Gelar Doa Bersama

Penjelasan itu disampaikan Kapuspen TNI karena belakangan ini beredar narasi di media sosial yang menyebutkan pangkalan pasukan perdamaian TNI di Lebanon terkena mortir dari Israel.

Bahkan, disebutkan mortir itu mengenai Sudirman Camp yang menjadi pangkalan pasukan perdamaian PBB dari Indonesia. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: LTM PBNU Gelar Pelatihan Digital untuk 400 Takmir Masjid Se-Jabodetabek

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Palestina
Internasional
Internasional
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia