KARPET MERAH FESTIVAL MEMBENTANG DI RERUNTUHAN JALUR GAZA

KARPET MERAH 972MAG
Karpet merah di Jalur (972mag)

Gaza, 28 Rajab 1436/17 Mei 2015 (MINA) – Karpet merah sepanjang puluhan meter membentang di bagian timur Kota Gaza, di antara reruntuhan bangunan akibat perang, karpet menandai kegiatan  tentang hak asasi manusia di kota itu.

Acara diselenggarakan di tengah-tengah puing-puing di lingkungan Shujaiyeh, Gaza, di mana sekitar 100 warga Palestina di daerah itu gugur dalam serangan pasukan Israel tahun lalu, Palestina News Network (PNN) melaporkan Sabtu (16/5).

Festival Film The Karama untuk pertama kalinya digelar di , diselenggarakan di lokasi yang dipilih sebagai tempat yang tepat, untuk acara seperti itu, ujar penyelenggara Saud Abu Ramadan.

Menurutnya, tempat di antara puing-puing perumahan dan di samping masjid yang hancur, mengingatkan akan makna hak asasi manusia, seperti yang akan dipentaskan pada festival.

“Bagi kami, karpet merah itu yang pertama dan terpenting, juga warna merash menunjukkan begitu banyak darah yang tertumpah di sini musim panas lalu. Darah wanita, darah pria dan darah anak-anak,”  kata Abu Ramadan.

Ratusan warga setempat tampak berjejer menghadiri festival pada malam pembukaan, bersama dengan warga lain yang datang dari berbagai penjuru Gaza.

Sebagian warga tampak berdiri di pinggir reruntuhan, lainnnya duduk di kursi yang tersedia, sebagian besar duduk di reruntuhan bangunan, dan sebagian menonton dari balik jendela rumah yang masih tersisa, menyaksikan film yang disajikan dalam festival.

Abu Ramadan mengatakan festival film seperti itu termasuk langka di Jalur Gaza, di samping memang tidak ada gedung besar untuk mengadakan festival.

Ia menambahkan, sekitar bada Isya, daerah itu akan cahaya sepanjang festival, menandai cahaya kemenangan setelah daerah itu sempat dalam kegelapan selama delapan bulan terakhir, tanpa alat penerangan listrik.

“Infrastruktur hancur, Orang-orang hidup dalam kegelapan, hanya ada cahaya lilin. Festival ini diharapkan membawa pada suasana normal kembali seperti siang hari yang bercahaya,” ujarnya. (T/ptri/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0