Kazakhstan Cabut Keadaan Darurat di Empat Wilayah

Nur Sultan, MINA – Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev kembali mencabut keadaan darurat di negaranya,  Jumat (14/1), karena keadaan sudah berangsur normal, kali ini mencabut keadaan darurat di empat wilayah  yaitu Shymkent, Kazakhstan Timur, Karaganda, dan Turkestan.

Sebelumnya diumumkan bahwa keadaan darurat telah berakhir di wilayah Kazakhstan Barat, Pavlodar, dan Kazakhstan Utara, Anadolu melaporkan.

Keputusan itu diambil saat penarikan pasukan penjaga perdamaian dari blok militer yang dipimpin Rusia, Collective Security Treaty Organization (CSTO) berlanjut.

Sebelumnya pada 2 Januari, pecah protes besar-besaran atas kenaikan harga bahan bakar gas (LPG) di kota Zhanaozen di Mangystau, yang kemudian berubah menjadi bentrokan dengan polisi, dengan perkembangan paling keras terjadi di bekas ibu kota Kazakhstan kota Almaty.

Tokayev mengambil tindakan tegas dan juga meminta bantuan dari sekutu CSTO, dan dalam waktu singkat, pasukan penjaga perdamaian dari Rusia, Belarus, Armenia, dan Tajikistan tiba di negara itu dan mendukung penegakkan hukum untuk memulihkan ketertiban. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.