Kazakhstan Kirim Bantuan Kemanusiaan ke India

Presiden Tokayev menginstruksikan pemerintah untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke India selama pertemuan dengan Perdana Menteri Askar Mamin pada 7 Mei 2021. (Foto: Akorda Press) 

Nur-Sultan, MINA – akan memberikan bantuan kemanusiaan khusus ke di tengah gelombang baru penyebaran di negara itu, menyebabkan kelebihan beban besar pada sistem perawatan kesehatan, Layanan Pers Presiden Kazakhstan melaporkannya.

Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev memerintahkan pemerintahnya untuk mengirimkan 6 juta masker medis, 400.000 respirator, 50.000 pakaian antiwabah, dan 105 perangkat ventilasi paru buatan portabel buatan Kazakhstan.

Keputusan ini diambil setelah pertemuan khusus dengan Perdana Menteri Askar Mamin pada Jumat (7/5).

Pada Senin (4/5), Tokayev menyampaikan pesan kepada Perdana Menteri India Narendra Modi untuk mengungkapkan “solidaritas yang mendalam dengan bangsa India atas lonjakan COVID-19 yang menghancurkan di negara mereka.”

“Kazakhstan siap untuk menyatukan upaya dengan mitra India kami untuk mengatasi penyebaran pandemi dan memberikan setiap bantuan yang mungkin dalam semangat persahabatan yang abadi dan saling mendukung di antara negara-negara kami,” kata Presiden.

India melihat rekor kenaikan harian dalam kasus COVID-19 pada hari Jumat, sehingga total kasus baru untuk pekan ini menjadi 1,57 juta, menurut kantor berita internasional.

Sebelumnya, Kazakhstan dikabarkan akan memberikan bantuan kemanusiaan berupa 10.000 ton tepung ke Kirgistan.

“Dipandu oleh prinsip-prinsip persahabatan, aliansi, dan kemitraan strategis dengan Kirgistan, Presiden Kassym-Jomart Tokayev memutuskan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada persaudaraan rakyat Kirgiz atas nama rakyat Kazakhstan,” juru bicara Presiden Berik Uali menulis di Facebook-nya pada Kamis (6/5).

Pengumuman Kazakhstan datang dua pekan setelah negara itu mengumumkan awal distribusi dan administrasi vaksin COVID-19 nasionalnya sendiri ‘QazVac’.

Hingga Jumat (7/5), lebih dari 1,6 juta orang di Kazakhstan telah menerima setidaknya satu dosis vaksin untuk melawan COVID-19, menurut Kementerian Kesehatan negara itu. (T/R1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.