Kazakhstan Lolos 8 Besar AVC Challenge Usai Tekuk Thailand 3-2

Ilustrasi: Zhaxylyk Tleulin (kedua dari kiri) dari Kazakhstan melakukan spike pada pertandingan babak penyisihan Pool A bola voli putra melawan Kazakhstan pada Asian Games ke-19 di Shaoxing, provinsi Zhejiang, Tiongkok timur, 21 September 2023. (Foto: XINHUA)

Manama, MINA – Timnas Voli Putra Kazakhstan lolos ke babak 8 besar AVC Challenge Cup 2024 usai menekuk Timnas Thailand 3-2, Selasa sore (4/6).

Dalam pertandingan di Isa Bin Rashed Hall, Isa Town, Bahrain tersebut, Kazakhstan menang dengan perolehan 25-21, 22-25, 25-23, 19-25 dan 15-13.

Persaingan poin pada set pertama berlangsung ketat hingga di angka poin 20. Barulah pada akhir set para pemain Kazakhstan menjauhkan jarak dan meraih kemenangan dengan skor akhir 25-21.

Pada set kedua, skuad Gajah Perang memimpin senjak awal set. Namun, Kazakhstan tidak mau jauh-jauh mengekor di belakang.

Kritsada Nilasai dan kolega mampu menjaga ritme permainan mereka dan memenangkan set kedua dengan skor 25-22.

Baca Juga:  Penonton EURO 2024 di Jerman Dapat Topi Semangka “Palestina”

Pada pertandingan set ketiga, Vitaliy Vorivodin dkk mencoba membawa Kazakhstan memimpin sejak awal. Namun, Thailand tidak membiarkan. Buru-buru anak asuh pelatih Park Ki-won merapat dengan skor 4-4.

Setelah tertinggal, Thailand kembali menyamakan kedudukan 9-9. Namun, Supakorn Jenthaisong dkk kembali tertinggal sampai 4 poin.

Pada laga hidup mati ini, skuad Thailand tidak mau menyerah dengan memepet hingga akhir set ketiga. Akan tetapi, Kazakhstan terus memelihara keunggulannya. Set ketiga pun berakhir dengan skor 25-23 untuk pelatih Daniyar Nurmukahbetov dan anak asuhnya.

Pada set keempat, pertandingan berlangsung tidak imbang. Thailand tampil lebih kuat di saat Kazakhstan pun performanya menurun. Thailand sempat unggul jauh 10 poin, hingga berakhir dengan skor 25-19 untuk Thailand.

Baca Juga:  Penonton EURO 2024 di Jerman Dapat Topi Semangka “Palestina”

Pada set pamungkas, Kazakhstan yang tidak mau kehilangan set lagi segera unggul dalam perolehan poin. Namun, Thailand mengejar dan memperpendek jarak dengan selisih 1 poin saja.

Match point lebih dulu dipegang oleh Kazakhstan dengan 14-11. Namun, Gajah Perang terus melawan dan mendekat dengan dua poin beruntun.

Pada akhirnya, poin akhir 15-13 menjadi kesempurnaan kemenangan Kazakhstan.

Hasil ini membuat Kazakhstan lolos ke babak 8 besar dan mengkandaskan perjuangan Thailand. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi