KBRI Amman Salurkan Paket Iftar Bagi Jamaah Masjid Al-Aqsa

Jamaah Masjid Al- Aqsa sedang menanti berbuka puasa (dok: KBRI Amman)

Yerusalem, MINA – Kedutaan Besar RI (KBRI) Amman kembali menyalurkan donasi dalam bentuk paket berbuka puasa atau Iftar untuk sekitar 500 warga Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, pada Ahad (12/5).

“Donasi dimaksud merupakan sumbangan dari masyarakat Indonesia sebagai bentuk kepedulian kepada saudara-saudara kita di Palestina,” tutur Dubes RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto, seperti dikutip dari keterangan tertulis KBRI Amman, Selasa (14/5).

Kegiatan iftar Ramadhan 1440H tersebut diselenggarakan atas kerjasama antara KBRI Amman dengan sukarelawan sahabat Indonesia yang bermukim di Yerusalem sebagai kota suci tiga agama.

Andy Rachmianto menyatakan, kepedulian masyarakat Indonesian kepada Palestina tidak akan pernah surut.

“Kegiatan iftar ini juga merupakan bukti bahwa Indonesia selalu bersama Palestina dalam situasi apapun,” tegasnya.

Meskipun kota suci Yerusalem masih diduduki oleh Israel, namun situasi ini tidak mengganggu suasana warga muslim Palestina untuk menjalankan ibadah puasa, termasuk berbuka bersama dan sholat taraweh.

“Warga muslim Palestina tetap dapat menjalankan ibadah puasa, termasuk iftar dan sholat taraweh, meskipun di bawah bayang-bayang intimidasi Israe,” tutur Andy.

Para warga muslim Palestina yang berpuasa duduk tertib bersila menikmati menu berbuka berupa nasi ayam dan telur yang dimasak di dapur umum. Air putih dan beberapa butir kurma melengkapi sajian iftar yang berlangsung di halaman Masjid Al-Aqsa sebagai salah satu dari tiga masjid suci yang wajib dikunjungan oleh umat Muslim sedunia. (R/Sj/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)