KBRI Kairo Gelar Festival Pencak Silat

Kairo, MINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo mengadakan Festival di Pusat Pemuda Algezira, Kairo, yang diselenggarakan baru-baru ini.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari mempromosikan seni bela diri tradisional Nusantara di Negeri Seribu Menara ini. Demikian keterangan tertulis Kemlu RI yang dikutip MINA, Senin (17/9).

Acara Festival Pencak Silat sendiri dimeriahkan oleh beragam atraksi silat dari Perguruan Tapak Suci. Para pesilat yang tampil pun mayoritas berasal dari warga . Ratusan warga Kairo memadati Roman Theater, tempat festival berlangsung, kerap berdecak kagum dengan jurus-jurus silat yang dipertunjukkan.

Selain Duta Besar Indonesia untuk Mesir, , turut hadir Utusan kantor Menteri Pemuda dan Olah Raga Mesir Muhammad Elsafty, Direktur Pusat Pemuda Algezira Amjad Zaghlul, dan lebih dari 500 peserta didik pencak silat Tapak Suci serta pengunjung, yang mayoritas merupakan WNA Mesir.

Pada sambutannya, Dubes Helmy mengatakan, sekalipun merupakan seni bela diri tradisional, pencak silat telah dikenal luas hingga mancanegara, termasuk di Mesir. Karena itu, seni bela diri perlu dijaga dan dirawat bersama.

“Raihan medali emas dalam Asian Games 2018 membuktikan pencak silat adalah warisan budaya Indonesia untuk dunia,” ujarnya.

Menurut Dubes Helmy, pencak silat sudah menjadi salah satu sarana diplomasi budaya Indonesia di Mesir. Tidak mengherankan jika pencak silat kerap ditampilkan dalam pagelaran seni di berbagai provinsi yang dilakukan bekerjasama dengan Pemerintah Mesir.

Sambutan atas atraksi pencak silat selalu mendapatkan sambutan meriah. “Ini menunjukkan pencak silat digemari masyarakat Mesir,” kata Dubes Helmy.

Dalam catatan KBRI Kairo, pencak silat mulai diperkenalkan pada masyarakat Mesir melalui Pusat Kebudayaan Indonesia (Puskin) sejak tahun 2011. Sejak saat itu, seni bela diri ini terus berkembang.

Masyarakat Mesir, baik dari kalangan anak-anak, pemuda dan pemudi, banyak yang tertarik dan bergabung untuk mempelajari Pencak Silat. Tercatat lebih dari 400 siswa yang belajar dan memperdalam bela diri Pencak Silat di Puskin.(T/R04/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.