KBRI Kenya Apresiasi Misi Kemanusiaan Rumah Zakat di Somalia

(Foto: Dok. MINA)

Nairobi, 14 Rajab 1438/11 April 2017 (MINA) – Setelah menyelesaikan misi kemanusiaan tahap pertama di Somalia, tim kemanusiaan untuk Somalia bersilaturahmi ke kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kenya di Nairobi, Afrika, Senin (10/4).

“Kami melaporkan aksi kemanusiaan yang sudah dilakukan di Somalia selama delapan hari kemarin, berapa jumlah bantuan yang didistribusikan, siapa mitra lokal yang bekerja sama, juga menjelaskan tentang kondisi terbaru di Somalia, mulai dari kondisi warga hingga infrastruktur di sana,” tutur Kepala Divisi Manjemen Program Rumah Zakat, Hermansyah dalam keterangan pers yang diterima MINA.

Kunjungan tim kemanusiaan Rumah Zakat ini disambut hangat oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kenya, R. Soehardjono Sastromihardjo.

“Pak Soehardjono menyampaikan apreasiasinya kepada Rumah Zakat yang telah mewakili Indonesia menyalurkan bantuan ke Somalia melalui jalur legal. Beliau juga menyampaikan bahwa pemerintah pun melalui Kementrian Luar Negeri memiliki rencana yang sama untuk membantu Somalia,” jelas Hermansyah.

Bencana kelaparan dan krisis air bersih di sebagian wilayah Afrika yang diakibatkan oleh kekeringan berkepanjangan telah membawa dampak yang cukup luas kawasan tersebut. Terkecuali Somalia, sebagian warganya terpaksa harus meninggalkan desa dan mencari bantuan ke ibu kota Mogadishu.

Badan Urusan Logistik di wilayah Somalia yang sedianya bisa menyediakan lumbung pangan bagi warganya, nampak belum optimal. Kesulitan hidup warga Somalia semakin bertambah ketika banyak hewan ternak yang merupakan sumber mata pencaharian warga mati karena kekeringan.

Dalam pertemuan tersebut, KBRI juga menyampaikan rencana penyaluran ke wilayah Afrika lainnya, seperti Sudan Selatan, Uganda, Nigeria, Somalia dan wilayah Afrika lainnya yang terdampak bencana kekeringan dan kelaparan.

“Pak Dubes berharap pemerintah dan institusi swasta seperti Rumah Zakat dapat bersinergi untuk melaksanakan aksi kemanusiaan berikutnya. Dan kami tentu saja menyambut baik ajakan sinergi ini,” ungkap Hermansyah. (L/R09)

Mi’raj islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.