KBRI Sudan Adakan Pelatihan Jurnalistik Bagi Mahasiswa

Khartoum, 15 Jumadil Akhir 1437/24 Maret 2016 (MINA) – Dalam rangka meningkatkan Promosi dan daya saing Indonesia di kancah Internasional, khususnya media massa yang ada di Sudan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Khartoum, Sudan, akan mengadakan Pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa/i Indonesia yang sedang melakukan studi di berbagai perguruan tinggi di Sudan.

Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sidiq Mustakim, melaporkan, Kamis (24/3), pelatihan jurnalistik KBRI Khartoum tersebut akan digelar selama dua hari pada pekan kedua April 2016 dengan menghadirkan para wartawan dan jurnalis dari Asiosiasi Media di Sudan.

KBRI Khartoum mengharapkan digelarnya Pelatihan jurnalistrik yang bekerja sama dengan wartawan dan para jurnalis dari sudan, agar para mahasiswa yang ada di Sudan dapat mengasah bakat dan kemampuan dalam hal tulis menulis dan dengan harapan juga nanti tulisannya akan dimuat di kantor berita atau koran harian Sudan.

Acara yang menggunakan Bahasa Arab dan Inggris itu akan dihadiri mahasiswa/i juga melibatkan para fungsionaris beberapa ormas dan organisasi perhimpunan mahasiswa Indonesia di Sudan, Antara lain Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Sudan, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sudan, Pusat Informasi dan Pelayanan (PIP) PKS.

“Di samping itu ada juga beberapa alumni. Sampai saat ini jumlah mahasiswa Indonesia di Sudan hampir 600 Orang yang tersebar di 10 Universitas Negeri di berbagai Program Studi di Sudan,” kata Sidiq.

Sebagai informasi tambahan dari pemantauan Koresponden MINA di Sudan, KBRI Khartoum yang dipimpin Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea, Burhanuddin Badruzzaman, selain sering mengunjungi seluruh kegiatan mahasiswa ataupun kegiatan yang bersifat kemahasiswaan ataupun organiasasi lainnya.

Dia juga telah banyak memberikan dampak Positif bagi Indonesia terutama di Sudan yang di mana ikatan kedua negara ini sudah terjalin cukup lama, bahkan sebelum kedua negara ini merdeka sudah terjalin kerjasama yang cukup kuat dengan ditandainya salah satu ulama Sudan, Syaikh Ahmad Sukarti, berkunjung ke Indonesia.

Selain itu juga dalam hal promosi budaya, perdagangan, pertanian maupun promosi lainnya, KBRI Khartoum menghadiri acara-acara bertaraf Internasional maupun nasional dengan Pemerintah Sudan maupun dengan negara sahabat. (L/K06/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)