KBRI Moskow Gelar Pameran Pesona Batik Indonesia

Moskow, MINA – KBRI Moskow menggelar kegiatan Peringatan Hari Batik Nasional sekaligus penutupan Pameran “Pesona Batik Indonesia” yang dilaksanakan di All-Russian Decorative Art Museum, yang telah berlangsung selama satu bulan penuh mulai tanggal 3 September – 3 Oktober 2021.

Di lokasi yang sama, KBRI Moskow juga menyelenggarakan workshop “Ayo Membatik” yang diikuti oleh warga Rusia dan peserta internasional lainnya. Workshop dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali sepanjang masa pelaksanaan pameran, demikian keterengan tertulis yang diterima MINA, Kamis (7/10).

“Pameran dan workshop batik yang telah berlangsung selama sebulan di Moskow ini, dari tanggal 3 September hingga 3 Oktober 2021, kiranya menjadi langkah yang baik untuk terus memperkenalkan tradisi dan keindahan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia kepada masyarakat Rusia”, kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares, saat menyampaikan sambutan.

Acara itu ditutup dengan final tour oleh para tamu undangan yang hadir bersama Dubes Tavares dan Fitria Wibowo Tavares, untuk melihat keindahan beragam koleksi kain batik Indonesia yang ditampilkan. Turut menemani dalam final tour Nina Nostrum, selaku kurator kreatif museum, dan Anastasia Marakhina, selaku tutor workshop membatik.

Resepsi dihadiri oleh tamu undangan dari beragam kalangan, seperti Duta Besar Kolombia dan Montenegro, Presiden IWC Moscow yang merupakan istri Duta Besar Yordania untuk Rusia, anggota IWC Moscow, Dharma Wanita Persatuan KBRI Moskow, museum, galeri seni, media, akademisi, seniman, pengusaha, komunitas pencinta seni dan diaspora Indonesia.

All-Russian Decorative Art Museum mencatat sebanyak kehadiran 3.925 pengunjung sepanjang masa pelaksanaan pameran “Pesona Batik Indonesia”. (R/R7/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)