KBRI Nairobi Promosikan Pencak Silat kepada Pelajar Kenya

(Foto: KBRI Nairobi)

, MINA – Kedutaan Besar RI di Nairobi, di bawah kepemimpinan Duta Besar Dr. Mohamad Hery Saripudin, dalam lebih dari dua tahun terakhir aktif menggencarkan kegiatan promosi budaya Indonesia di , termasuk pengenalan dan pelatihan sebagai seni beladiri kepada pemuda-pemudi Kenya.

Dalam keterangan resminya diterima MINA. Senin (20/2), kembali menyelenggarakan promosi Pencak Silat, yang dilaksanakan pada kesempatan “International Day”, di the International School of Kenya (ISK), Nairobi.

Sekitar 500 siswa-siswi beserta orangtua menyaksikan pertunjukan Pencak Silat yabg digelar pada Jumat lalu, 17 Februari 2023.

Sebanyak delapan penampil demo Pencak Silat, yang kesemuanya adalah pemuda-pemudi Kenya binaan KBRI Nairobi, berhasil memukau penonton dengan gerakan-gerakan seni beladiri yang indah, dipadu dengan teknik-teknik beladiri yang menambah kokoh pertahanan tubuh.

Teknik tersebut meliputi Teknik Kuda-kuda; Teknik Sikap Pasang; Teknik Tangkisan; Teknik Tendangan, yang menggunakan kekuatan kaki yang ditendang ke arah depan, belakang, dan samping; Teknik Guntingan, yang menggunakan gerakan kedua kaki untuk menjepit kuda-kuda yang dibentuk oleh lawan.

Selain itu, teknik Pukulan, yang menggunakan gerakan tangan dan kaki yang saling berpadu sempurna, kekuatan berfokus pada telapak tangan yang dikepalkan, dan bertujuan untuk menyerang atau merobohkan pertahanan lawan; Teknik Arah; serta Teknik Pola Langkah.

Pejabat Fungsi Penerangan dan Sosial-Budaya KBRI Nairobi, Andi Syamsurijal Usman, yang memimpin tim Pencak Silat tersebut menyatakan, Seni beladiri Pencak Silat Indonesia sejauh ini telah diperkenalkan ke sejumlah sekolah, kampus, dan kelompok-kelompok komunitas dan lembaga lainnya di Nairobi, Kiambu County, dan Mombasa County sejak Juni 2021.

“promosi ini melibatkan sebanyak sekitar 600 peserta latih serta 20 pelatih. Kedutaan Besar RI di Nairobi merupakan salah satu padepokan Pencak Silat di kota Nairobi, dimana masyarakat umum dapat bergabung mengikuti pelatihan Pencak Silat dua kali dalam seminggu,” kata Andi.

Counselor Usman menambahkan, dengan mengikuti latihan Pencak Silat, peserta tidak hanya belajar seni beladiri khas Indonesia, tetapi dengan sendirinya juga akan dapat menghayati nilai-nilai kearifan Indonesia.

“Pencak Silat menjadi jembatan yang dapat memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Kenya pada tingkat akar rumput, karena Pencak Silat mempertinggi people-to-people contact,” pungkasnya.

Pusat-pusat pelatihan (padepokan) Pencak Silat di Kenya berhasil dibentuk berkat kerja sama KBRI Nairobi dengan Federasi Pencak Silat Nasional Kenya.

Didirikan pada Juni 2021, Federasi Pencak Silat Kenya telah resmi diakui sebagai Anggota Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (PERSILAT), yang bermarkas besar di Jakarta. Pengakuan tersebut diberikan melalui Certificate yang diterbitkan PERSILAT pada 28 Maret 2022.(R/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.