Keamanan Afghanistan Sukses Amankan Perayaan Idul Fitri

Warga Kabul sampaikan termakasih dan penghargaan kepada petugas Keamanan Negara (Foto: BNA)

 

Kabul, 8 Syawal 1438/ 2 Juli 2017 (MINA) – Sejumlah warga di Ibukota Afghanistan, Kabul, menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada pasukan keamanan nasional negaranya yang telah melakukan pengamanan selama perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Warga mengatakan, pasukan keamanan telah berusaha maksimal dan melakukan yang terbaik untuk memberikan rasa aman kepada warga di pelbagai wilayah di kota Kabul.

“Sayangnya Ramadhan tahun ini adalah bulan paling mematikan di mana sejumlah besar orang-orang kita tewas serta terluka akibat ledakan dan serangan teroris,” kata Anwar seorang penduduk Kabul, Ahad (2/7), sebagaimana dilaporkan Kantor Berita setempat Bachtar News Agency (BNA) yang dikutip MINA.

Dilaporkan, sebelumnya ketakutan warga meningkat atas ketidakamanan situasi hingga pada hari-hari raya Idul Fitri di mana mereka tidak dapat merayakannya dengan cara yang lebih baik.

“Namun untungnya pasukan keamanan nasional negara telah memberikan keamanan yang lebih baik untuk orang-orang di Kabul pada hari-hari raya lebaran”, kata Anwar pula.

Warga lainnya, Shaima mengatakan, pasukan keamanan mendapat dukungan penuh dari rakyat, sehingga berhasil dalam memberikan keamanan di negara yang dilanda perang saudara tersebut.

Selain itu dengan kehadiran cukup banyak pasukan keamanan di berbagai bagian kota Kabul di mana mereka berusaha bersungguh-sungguh untuk memberikan keamanan dan melindungi kehidupan dan harta benda rakyat, makin menambah keyakinan warga.

“Selain menghargai pasukan pertahanan dan keamanan nasional, saya ingin pemerintah untuk sepenuhnya mendukung dan melengkapi persenjataan serta kebutuhan mereka,” kata Ahmad Hussain, seorang penduduk Kabul lainnya mengusulkan.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Afghanistan menginformasikan program khusus kementerian untuk menjaga keamanan di kota Kabul.

Kepala polisi Kabul Mohammad Salim Ihsas dalam sebuah pertemuan yang diadakan untuk mengapresiasi terhadap pasukan keamanan nasional negara tersebut oleh sebuah organisasi masyarakat sipil mengatakan, saat ini ada koordinasi yang sangat baik antara pasukan keamanan Afghanistan.

“Program bersama dan koordinasi yang erat antara organ keamanan dan kerja sama masyarakat telah menghasilkan peningkatan keamanan di negara ini,” kata Ihsas.

Dikatakan, pasukan keamanan negara tersebut akan menggunakan semua kemungkinan dan kemampuan untuk memberikan keamanan yang lebih baik bagi warga negara.

Aktivis masyarakat sipil Afghanistan yang dipimpin oleh wakil menteri urusan pemuda untuk mendapatkan informasi dan budaya dalam sebuah pertemuan juga menghargai personil keamanan nasional Afghanistan dengan memberi mereka hadiah dan bunga, dan mengatakan bahwa orang-orang Afghanistan telah merasakan hari-hari Idul Fitri yang aman karena berkat ANDSF.

Pada pertemuan tersebut, kepala asosiasi masyarakat sipil pemuda Afganistan Fardin Fedayee meminta masyarakat untuk sepenuhnya mendukung pasukan keamanan mereka dan bekerja sama dengan mereka dalam menjaga keamanan yang lebih baik di negara tersebut.

Sementara itu, Presiden Mohammad Ashraf Ghani dalam pertemuan dengan penduduk Kabul berjanji, pihaknya akan melakukan rencana tertentu dan itu sedang dilakukan untuk menjaga keamanan di kota Kabul. Di sisi lain, pejabat keamanan Afghanistan mempertimbangkan dukungan dan kerja sama dengan orang-orang dengan ANDSF sebagai hal yang penting dan menyatakan dukungan dari masyarakat kepada pasukan keamanan negara saat ini terus meningkat.

“Kerja sama dan dukungan semacam itu dapat membantu menjaga keamanan di dalam negara,” tandasnya. (T/B05/P1 )

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)