Kebakaran di Solo Jateng, 12 Rumah Hangus 52 Jiwa Mengungsi

Tangkapan layar kebakaran di pemukiman kampung Joyosudiran, Kelurahan Pasar Kliwon, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo (Foto: Istimewa)

, terjadi di Kampung Joyosudiran, Kelurahan Pasar Kliwon, Kecamatan Pasar Kliwon, , Jawa Tengah (Jateng), pada Selasa (3/10) sore. Kobaran api meluas ke beberapa rumah warga dan ludes dilalap api yang kian membesar.

Informasi yang dihimpun MINA menyebutkan, api berasal dari gudang barang bekas yang cukup besar di tengah permukiman.

Warga panik dan berusaha menyelamatkan barang-barang berharga serta dokumen-dokumen penting. Api semakin meluas beberapa rumah yang tadinya belum terkena api, kini ikut terbakar habis.

Suara ledakan sempat beberapa kali terdengar dari beberapa rumah. Ledakan diduga berasal dari tabung gas yang belum sempat diamankan pemiliknya.

Kampung Joyosudiran merupakan permukiman padat dengan gang-gang sempit yang hanya bisa dilalui sepeda motor. Petugas pemadam sulit mendekat hingga harus menarik selang cukup panjang.

Baca Juga:  Fenomena Masyarakat Barat Dukung Palestina

Belasan truk pemadam kebakaran dari Kota Solo, unit pemadam kebakaran dari Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, dan Sragen dikerahkan untuk memadamkan api. Dua unit water cannon dari Sat Sabhara Polresta Surakarta dan Brimob Polda Jawa Tengah juga ikut berupaya menjinakkan kobaran api.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah () Surakarta mencatat, akibat kebakaran yamg terjadi mulai pukl 17.00 WIB itu, 12 rumah hangus terbakar. Sementara 52 warga mengungsi.

“Pengungsian hingga malam ini korban terdampak kebakaran di gudang ada 17 KK (kepala keluarga), untuk jumlahnya ada 52 orang,” kata Kepala BPBD Kota Surakarta Nico Agus Putranto kepada awak media.

Kata dia, lokasi pengungsian dipusatkan di Kantor Kelurahan Pasar Kliwon dan ada dua lokasi pengungsian lagi yang sudah disiapkan.

Baca Juga:  Delegasi Media UEA Kunjungi MINA

“Satu lagi ada di SD Muhammadiyah 23, namun di sana masih kosong. Sementara fokus di sini, pos induk kami buka di sini,” katanya.

Ditambahkan, kondisi para pengungsi dalam keadaan sehat. Hanya ada satu orang yang sempat sesak napas namun saat ini sudah membaik. (L/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.