Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kebakaran di Solo Jateng, 12 Rumah Hangus 52 Jiwa Mengungsi

Zaenal Muttaqin - Rabu, 4 Oktober 2023 - 13:50 WIB

Rabu, 4 Oktober 2023 - 13:50 WIB

3 Views

Tangkapan layar kebakaran di pemukiman kampung Joyosudiran, Kelurahan Pasar Kliwon, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo (Foto: Istimewa)

Surakarta, MINA – Kebakaran terjadi di Kampung Joyosudiran, Kelurahan Pasar Kliwon, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah (Jateng), pada Selasa (3/10) sore. Kobaran api meluas ke beberapa rumah warga dan ludes dilalap api yang kian membesar.

Informasi yang dihimpun MINA menyebutkan, api berasal dari gudang barang bekas yang cukup besar di tengah permukiman.

Warga panik dan berusaha menyelamatkan barang-barang berharga serta dokumen-dokumen penting. Api semakin meluas beberapa rumah yang tadinya belum terkena api, kini ikut terbakar habis.

Suara ledakan sempat beberapa kali terdengar dari beberapa rumah. Ledakan diduga berasal dari tabung gas yang belum sempat diamankan pemiliknya.

Baca Juga: Merusak Masa Depan, Prima DMI Ajak Masyarakat Tidak Berjudi

Kampung Joyosudiran merupakan permukiman padat dengan gang-gang sempit yang hanya bisa dilalui sepeda motor. Petugas pemadam sulit mendekat hingga harus menarik selang cukup panjang.

Belasan truk pemadam kebakaran dari Kota Solo, unit pemadam kebakaran dari Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, dan Sragen dikerahkan untuk memadamkan api. Dua unit water cannon dari Sat Sabhara Polresta Surakarta dan Brimob Polda Jawa Tengah juga ikut berupaya menjinakkan kobaran api.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surakarta mencatat, akibat kebakaran yamg terjadi mulai pukl 17.00 WIB itu, 12 rumah hangus terbakar. Sementara 52 warga mengungsi.

“Pengungsian hingga malam ini korban terdampak kebakaran di gudang ada 17 KK (kepala keluarga), untuk jumlahnya ada 52 orang,” kata Kepala BPBD Kota Surakarta Nico Agus Putranto kepada awak media.

Baca Juga: Indonesia Tingkatkan Bantuan untuk Pengungsi Palestina

Kata dia, lokasi pengungsian dipusatkan di Kantor Kelurahan Pasar Kliwon dan ada dua lokasi pengungsian lagi yang sudah disiapkan.

“Satu lagi ada di SD Muhammadiyah 23, namun di sana masih kosong. Sementara fokus di sini, pos induk kami buka di sini,” katanya.

Ditambahkan, kondisi para pengungsi dalam keadaan sehat. Hanya ada satu orang yang sempat sesak napas namun saat ini sudah membaik. (L/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Sambut Siswa Baru, Sekolah IMC Adakan Mabit Bersama Ayah

Rekomendasi untuk Anda

Kolom
Palestina
Indonesia
Timur Tengah
Khadijah