Kebakaran Hutan dan Lahan di Aceh Sudah 111,04 Hektare

Banda Aceh, MINA – Sejak 5 hingga 9 Juli 2019, kebakaran lahan dan hutan di Aceh sudah menghanguskan 111,04 hektare. Jumlah hutan dan lahan yang terbakar tersebut tersebar di 10 kabupaten kota di Aceh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Dadek menyebutkan, dari jumlah yang terbakar tersebut, 90 persen di antaranya sudah berhasil di padamkan. Tim gabungan yang terdiri dari BPBD, KPH, TNI, Polri, dan masyarakat terus mengupayakan pemadaman sisa hutan dan lahan yang masih terbakar.

10 kabupaten kota tersebut yakni, Aceh Besar, Nagan Raya, Bener Meriah, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Jaya, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Singkil, dan Aceh Barat.

Dadek menambahkan, pemadaman masih terus dilakukan (berlangsung) dikarenakan cakupan wilayah terus bertambah dan mendekati pemukiman warga.

“Kita sudah mendistribusikan sejumlah perlengkapan untuk dilakukan pemadaman api, kita upayakan api bisa segera kita padamkan, biar gak berdampak ke pumikiman warga,” kata Dadek.

Namun dadek menyebutkan, pihaknya masih kekuranngan pompa apung atau pompa tekanan tinggi sebanyak 10 unit untuk didistribusikan ke lapangan, selain itu tim masih membutuhkan 50 roll selang dan alat pemukul api juga cairan peresap.

“Kita masih kekurangan itu dilapangan,” tambah Dadek. (L/AP/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)