Kebakaran Hutan Landa Eropa Barat Daya, Inggris Akan Hadapi Rekor Suhu Panas

Kebakaran hutan di Spanyol. (Foto: Netherland Posten)

Madrid, MINA – Petugas pemadam kebakaran berjuang untuk mengatasi kebakaran hutan yang melanda Eropa barat daya pada hari Ahad (17/7), ketika gelombang panas tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, di mana Inggris siap untuk dilanda rekor suhu baru pekan ini.

Kobaran api yang berkobar di Prancis, Yunani, Portugal dan Spanyol telah menghancurkan ribuan hektar lahan, memaksa ribuan penduduk dan wisatawan mengungsi. Bencana alam itu telah menewaskan beberapa personel darurat sejak pekan lalu.

Ini adalah gelombang panas kedua yang melanda bagian barat daya Eropa dalam beberapa pekan, The New Arab melaporkan.

Para ilmuwan menyalahkan perubahan iklim dan memprediksi episode cuaca ekstrem yang lebih sering dan intens seperti gelombang panas dan kekeringan.

Pihak berwenang Spanyol melaporkan, sekitar 20 kebakaran hutan masih berkobar di luar kendali di berbagai bagian negara itu dari selatan hingga Galicia di ujung barat laut, di mana kobaran api telah menghancurkan sekitar 4.500 hektar lahan.

Kebakaran di sana telah menelan beberapa korban jiwa, termasuk personel layanan darurat.

Di Perancis, situasi memburuk di wilayah barat daya Gironde di mana petugas pemadam kebakaran berjuang untuk mengendalikan kebakaran hutan yang telah melahap hampir 11.000 hektar (27.000 hektar) sejak Selasa (12/7). (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)