Kedubes Iran Gelar Tahlilan Atas Wafatnya Presiden Raisi

Presiden Iran Ebrahim Raisi (kiri) bersama Presiden Joko Widodo (kanan) saat kunjungan kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, 23 Mei 2023.(Foto: Dok. MINA)

Jakarta, MINA – Kedutaan Besar (Kedubes) Iran akan menggelar acara tahlilan dan doa bersama atas wafatnya Presiden Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Amir Abdollahian dan seluruh delegasi dalam insiden kecelakaan helikopter.

Kegiatan tersebut akan digelar pada Rabu, 22 Mei 2024 pukul 18:30 s/d 21:00 WIB di Kediaman Duta Besar Iran, Menteng, Jakarta Pusat.

“Dengan memohon Rahmat dan Ridho Allah SWT, YM. Mohammad Boroujerdi, Duta Besar Republik Islam Iran dan Madam Elaheh Boroujerdi, mengundang masyarakat Indonesia untuk menghadiri acara doa dan tahlilan serta mengenang Almarhum,” tulis pernyataan resmi Kedubes Iran yang diterima MINA, Selasa (21/5).

Dalam keterangannya, Dubes Mohammad Boroujerdi mengucapkan terimakasih atas berbagai pesan belasungkawa dan solidaritas yang dikirimkan kepada kedubes Iran berkaitan dengan insiden kecelakaan udara yang terjadi di Iran yang menyebabkan wafatnya Presiden, Menlu dan beberapa pejabat lain.

Baca Juga:  Imaam Yakhsyallah: Menunaikan Zakat Bentuk Syukur Kepada Allah¬†

Dari pantauan MINA, karangan bunga yang ditujukan sebagai duka cita atas musibah yang menimpa pemimpin Iran tampak berjejer di sekitar Kedutaan Besar Iran, Menteng Jakarta.

Menurut Kepala Masyarakat Bulan Sabit Merah Republik Islam (IRCS), Pir Hossein Kolivand, jenazah Presiden Raisi akan dibawa ke kota Tabriz, provinsi Azerbaijan Timur, Iran pada Selasa (21/5) untuk memulai upacara pemakaman.

Pejabat lain yang tewas dalam kecelakaan helikopter bersama Presiden Raisi yakni Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian, Gubernur Azerbaijan Timur Malek Rahmati, Perwakilan Pemimpin Agung Iran untuk Azerbaijan Timur Mohammad Ali Ale-Hashem, Kepala pengawal presiden Mehdi Mousavi, Pilot, kopilot, dan awak helikopter.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengumumkan lima hari berkabung nasional dan menugaskan Wakil Presiden Mohammad Mokhber untuk menjalankan tugas sementara menjelang pemilu yang akan diadakan 28 Juni mendatang.

Baca Juga:  MINA Selenggarakan Training Jurnalistik untuk Mahasiswa Magang STAI Al-Fatah

Wakil Menlu Iran, Ali Bagheri juga ditunjuk untuk menggantikan posisi kosong Menlu sementara.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Bahron Ansori