Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kedubes Iran Kecam Serangan Israel ke Konsulatnya di Damaskus

sri astuti - Rabu, 3 April 2024 - 07:59 WIB

Rabu, 3 April 2024 - 07:59 WIB

3 Views

Jakarta, MINA – Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta melalui pernyataan resminya hari Selasa (2/4), menyampaikan kecaman keras atas serangan yang tidak beralasan dan melanggar hukum terhadap fasilitas konsulat mereka di Damaskus yang dilakukan oleh pasukan Israel.

“Republik Islam Iran di Jakarta dengan ini menyampaikan kecaman kerasnya atas serangan yang tidak beralasan dan melanggar hukum terhadap fasilitas konsulat kami di Damaskus yang dilakukan oleh pasukan Israel. Tindakan mengerikan ini merupakan pelanggaran yang jelas dan serius terhadap hukum internasional, termasuk Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik tahun 1961,” ujar pernyataan itu.

Iran mengatakan, serangan terhadap misi diplomatik tidak hanya merusak keselamatan dan keamanan personel diplomatik tetapi juga bertentangan dengan prinsip kedaulatan dan non-intervensi yang merupakan landasan hubungan internasional dan diplomasi.

Iran mengatakan berhak mengambil tindakan balasan terhadap serangan tersebut dan akan memutuskan bagaimana menghukum penyerangnya. Mereka akan mempertimbangkan tanggapan yang proporsional terhadap tindakan pelanggaran ini untuk mencegah terulangnya kembali pelanggaran tercela tersebut.

Baca Juga: Wapres Ajak Dai di ASEAN Fokus Dakwah Perkuat Umat

Pernyataan itu juga menyerukan komunitas internasional, bersama dengan PBB, harus mengutuk pelanggaran ini dan mengambil langkah tegas untuk mengatasi dan memperbaiki pelanggaran ini. Sangat penting bagi pihak yang melakukan penyerangan untuk bertanggung jawab penuh atas tindakannya, yang secara terang-terangan telah mengabaikan norma dan konvensi yang mengatur interaksi antar negara secara damai dan beradab.

“Kami menyerukan solidaritas dalam menolak segala bentuk agresi terhadap fasilitas dan personel diplomatik, yang penting bagi pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional,” katanya.

“Rezim Zionis akan bertanggung jawab atas konsekuensi tindakannya. Iran tetap teguh pada haknya untuk mempertahankan misinya dan akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menjamin keselamatan dan martabat entitas diplomatiknya secara global, ” tambahnya.

Pada Senin (1/4), pasukan Israel meluncurkan serangan udara ke gedung Konsulat Jenderal Iran di Damaskus hingga menghancurkan bangunan tersebut.

Baca Juga: Jumat ke-40, Aksi Pro-Palestina di Yaman Dihadiri Jutaan Orang

Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran mengonfirmasi dua jenderal IRGC, lima perwira lainnya serta enam warga Suriah dilaporkan meninggal dalam serangan udara yang dilakukan Israel. (R/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Forum Internasional Dai Asia Tenggara

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Internasional
Internasional
Dunia Islam