Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kekurangan Tank, Israel Tunda Pelibatan Tentara Wanita Terjun ke Gaza

Rudi Hendrik Editor : Widi Kusnadi - Selasa, 16 Juli 2024 - 16:05 WIB

Selasa, 16 Juli 2024 - 16:05 WIB

30 Views

Ilustrasi: Batalyon Caracal, yang terdiri dari tentara tempur pria dan wanita yang bertempur berdampingan, selama sesi pelatihan pada bulan November 2007. (Yoni Markovitzki/Juru Bicara IDF/Flash90)

Tel Aviv, MINA – Pasukan pendudukan Israel (IOF) pada Senin (15/7) mengumumkan, mereka menunda integrasi tentara wanita ke dalam korps lapis baja di Gaza karena kekurangan tank dan amunisi yang signifikan.

Menurut pernyataan itu, banyak tank yang rusak akibat konfrontasi di Jalur Gaza, demikian yang dilaporkan surat kabar Israel Yedioth Ahronoth.

Keputusan ini muncul setelah adanya petisi yang menuntut agar instruktur tank perempuan diizinkan bergabung dengan pasukan tempur di Gaza, setelah mereka berpartisipasi dalam konfrontasi yang terjadi setelah Operasi Banjir al-Aqsa pada 7 Oktober.

Kepala Staf Israel memutuskan menunda integrasi tentara wanita ke dalam korps lapis baja yang bermanuver hingga November 2025 karena kekurangan tank dan amunisi akibat perang yang berkepanjangan.

Baca Juga: Sandera Israel di Gaza Jadi Target Serangan Tel Aviv

Menurut petisi tersebut, pasukan Israel telah merencanakan program percontohan untuk awak tank wanita mulai bulan Oktober. Namun karena kendala perang, program tersebut ditunda hingga November 2025.

Ini menandai pertama kalinya IOF mengakui kehilangan sejumlah besar tank dalam perang di Gaza dan menderita kekurangan peluru serta banyak tentara dan komandan yang terluka atau tewas dalam pertempuran.

“Ada banyak kendala yang menghalangi diresmikannya program integrasi tahun depan, termasuk tidak dapat dioperasikannya banyak tank, kekurangan amunisi, dan sejumlah besar rekrutan yang diperlukan untuk mengisi posisi di korps lapis baja di selatan dan utara,” kata IOF menanggapi petisi Mahkamah Agung.

“Kesulitan obyektif telah muncul akibat pertempuran di Jalur Gaza dan front lainnya, terutama di unit tempur [IOF], di mana komando dan perhatian sistemik terfokus pada perang tersebut,” tambah tanggapan tersebut. []

Baca Juga: Tentara Israel Hancurkan 25 km Jalan di Jenin

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia