Kelompok Perlawanan Irak Serang Basis Pasukan AS dengan Drone

Pangkalan Udara al-Balad yang menampung pasukan dan pesawat tempur AS di utara ibu kota Irak, Baghdad. (Foto oleh AP)

Baghdad, MINA – Sebuah kelompok perlawanan telah melancarkan serangan pesawat tak berawak (drone) di pangkalan udara basis pasukan dan pesawat tempur AS di utara ibu kota Baghdad.

Sabereen News, saluran berita yang terkait dengan kelompok Unit Mobilisasi Populer anti-teror Irak atau Hashd al-Sha’abi, mengatakan, serangan itu menargetkan Pangkalan Udara al-Balad yang terletak 64 kilometer (40 mil) di utara ibu kota pada Rabu (28/4).

Dikatakan, suara ledakan terdengar dari pangkalan selama insiden itu.

“Sebuah kelompok perlawanan Irak, yang tidak mengidentifikasi dirinya, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu,” kata Sabereen News.

“Cabang militer Amerika yang dikerahkan ke Pangkalan Udara al-Balad menjadi sasaran drone beberapa saat sebelumnya, dan pesawat mencapai targetnya secara akurat,” bunyi pernyataan kelompok anti-pendudukan yang disiarkan oleh saluran berita tersebut.

Pesawat kamikaze adalah tambahan terbaru untuk gudang senjata kelompok Irak, yang sangat keberatan dengan intervensi militer AS yang berkelanjutan di negara mereka.

Pangkalan udara itu yeah diserang sekitar sepekan yang lalu, yang menurut Amerika, melukai “dua pasukan Irak”, tetapi tidak menimbulkan korban pada pasukan AS.

Serangan tersebut telah meningkat dalam jumlah dan frekuensi sejak awal tahun lalu, ketika serangan pesawat tak berawak AS membunuh komandan senior anti-terorisme Iran dan Irak, Letnan Jenderal Qassem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis, di Baghdad. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.